oleh

Pemkab Muratara Salurkan Bantuan untuk Petani

#Melalui Dinas Pertanian dan Perikanan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan menyalurkan bantuan alat pertanian, bibit dan sebagainya kepada para petani, Kamis (20/12). Momen yang dihadiri Bupati Muratara H Syarif Hidayat itu terpusat di halaman Kantor Camat Ulu Rawas.

Warga Ulu Rawas menyambut hangat kedatangan Bupati Muratara, pada momen penyerahan bantuan alat pertanian, bibit dan benih kepada petani di Kantor Camat Ulu Rawas, Kamis (20/12).

Bantuan yang diberikan kepada para petani adalah 346 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang pengadaannya dari APBN 2018. Sementara dari APBD Muratara 2018 difokuskan untuk penyaluran bantuan bibit dan benih. Baik padi, karet, kakao dan kopi. Tak hanya itu, untuk bidang peternakan diberikan pula bibit ikan, itik, bantuan kolam terpal, pakan, obat-obatan pertanian, mesin pemotong rumput.

Selain H Syarif Hidayat, penyaluran bantuan untuk petani di Muratara itu juga disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Muratara, anggota Komisi V DPR RI H Fauzi H Amroh, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-Muratara, Koramil Rawas Ulu dan kepolisian.

Sekapur sirih untuk Bupati Muratara H Syarif Hidayat.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, Suhardiman melalui Kabid Perkebunan, Sutopo mengatakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara selama tahun anggaran 2018 telah menyalurkan berbagai macam bantuan khususnya di bidang pertanian, perikanan dan peternakan.

“Program ini kami giatkan untuk mendukung visi dan misi Bupati Muratara H Syarif Hidayat dan Wakil Bupati H Devi Suhartoni. Diantaranya, mengoptimalkan pemanfaatan lahan terlantar,” jelas Sutopo.

Ia menjelaskan bantuan yang disalurkan untuk petani, diantaranya Alsintan 14 handtraktor roda empat, 87 unit traktor roda dua, 100 hensplayer, 19 ricetran splanter, 11 kultipator, 12 unit alat tanam jagung, 1 unit kombine hastester kecil, 56 pompa air, 10 power treser multiguna, 7 unit alat pengolah pupuk organik, tujuh unit motor roda tiga, 4 damparit, 18 sumur bor, 2 kilo meter jalan produksi, satu embung, 1,5 kilo meter normalisasi sungai, 250 hektare perbaikan jaringan irigasi tersier.

Tamu undangan yang hadir pada momen penyerahan bantuan alat pertanian, bibit dan benih kepada petani di Kantor Camat Ulu Rawas, Kamis (20/12).

“Jumlah keseluruhannya sebanyak 346 unit ini diambil dari APBN 2018,” terang Sutopo.

Sedangkan dari anggaran APBD Muratara difokuskan pada bibit dan benih, baik untuk pertanian, peternakan maupun perikanan.

Ia menjelaskan, bantuan ini diberikan untuk meringankan beban petani, sekaligus diharapkan bisa meningkatkan pendapatan para petani di Kabupaten Muratara. Sebab, alat yang diberikan ini untuk membantu kelancaran atau aktivitas petani dalam mengelola lahan pertanian maupun perikanan.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat menyerahkan bantuan untuk petani. Kegiatan ini diadakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara di Halaman Kantor Camat Ulu Rawas, Kamis (20/12).

“Tolong para petani bisa memelihara dan merawat apa yang telah diberikan oleh Pemkab Muratara. Tolong manfaatkan semaksimal mungkin,” pesan Sutopo.

Ke depan, Dinas Pertanian dan Perikanan akan terus berusaha agar apa yang dibutuhkan masyarakat dalam bidang pertanian, peternakan maupun perikanan dapat terealisasi sesuai harapan.

Pada momen itu, H Syarif Hidayat bantuan alat pertanian yang diberikan bukanlah untuk hak milik perorangan. Melainkan milik bersama semua kelompok tani.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat meresmikan pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian, Kamis (20/12). Acara ini diselenggarakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara Tahun Anggaran 2018.

“Jangan sampai nanti ada teman yang lain mau meminjam tidak dikasih, ini milik bersama bukan milik pribadi, semua berhak untuk menggunakan alat ini. Semoga bisa meningkatkan produktivitas pangan di Muratara,” imbuh Bupati. (cw3)

Rekomendasi Berita