oleh

Pemkab Mura Usulkan Lima Raperda

MUSI RAWAS –Awal tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) telah mengusulkan lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Hal itu dipastikan, Plt Kabag Hukum Kabupaten Mura, Aan Bastian kepada koran ini setelah selesai rapat, Rabu (16/1).

Menurutnya, Raperda itu dibuat, agar pemerintahan berjalan dengan aman berdasarkan aturan yang jelas. Maka, diperlukan landasan hukum berupa Perda yang setiap tahun selalu disampaikan oleh eksekutif ke legislatif, yang nantinya dibahas bersama-sama. Untuk itulah Pemkab Mura, melalui Bagian Hukum mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bagian-bagian Setda Kabupaten Muratara untuk melalukan rapat.

Rapat ini sesuai agenda, di mana setiap awal tahun akan mengadakan rapat dengan seluruh OPD dan bagian Setda. Guna pembahasan Propemperda DPRD Mura.

Sebab, sebelum Bagian Hukum menyampaikan Raperda kepada DPRD Mura, harus diketahui berapa OPD atau bagian yang mengusulkan Raperda. Setelah diketahui berapa jumlahnya, barulah disampaikan ke Sekretaris DPRD Mura.

“Mungkin saat ini pihak instansi masih mempelajari dan mencari kajian Raperda apa yang akan dibuat,”kata Aan.

Bahkan, pada 2018 lalu, setidaknya ada empat Raperda yang belum dibahas, lantaran tidak ada drafnya. keempat Raperda tersebut tiga Raperda dari eksekutif satunya dari legislatif. Sedangkan, dari lima usulan Ralerda yang akan diusulkan awal tahun 2019 ini, diantaranya, dua dari Dinas Balitbang, dan Bagian Ortala Setda Kabupaten Mura, dan tiga Raperda lainnya tentang RTRW, Raperda tentang Perubahan atas Perda No.8 tahun 2012 tentang tempat rekreasi dan olahraga dan Raperda tentang pengendalian kawasan penerbangan oleh Dinas Perhubungan.

Dalam hal pengajuan Raperda, haruslah berpedoman pada empat kriteria. Yaitu, perintah Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi, penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas perbantuan, Rencana pembangunan daerah dan aspirasi masyarakat.

“Jadi Raperda yang diusulkan bukan asal Raperda, melainkan merujuk atas empat skala prioritas di atas,” kata Aan Bastian. (dlt)

Rekomendasi Berita