oleh

Pemkab Gelar Diseminasi HAM

CURUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong menggelar Diseminasi Hak Asasi manusia (HAM), khususnya untuk kalangan Aparatus Sipil Negara (ASN). Dalam kegiatan tersebut dihadiri elemen ASN dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Rejang Lebong dihadiri Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari.

Dipaparkan Iqbal, diseminasi merupakan penyebaran supaya dipahami tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Baik itu hak hidup, hak kesehatan, hak mencari nafkah dan hak-hak lainnya. Hanya saja, kadang-kadang itu diabadikan.

“Misal naik motor knalpot besar di gas-gas sehingga menimbulkan suara bising, dan ini mengganggu hak-hak manusia lain, dan ini bisa menjadi masalah besar jika direspons secara berlebihan, sehingga karena suara kencang dilempari sehingga bisa menimbulkan ribut kampung, ini salah satu contoh yang perlu dipahami,” tutur Iqbal.

Kemudian, sambung Iqbal, salah satu contoh lainnya yang sering diabadikan yakni soal merokok.

“Merokok kalau di sebelah orang yang tidak merokok, harusnya tahu diri kalau merokok memisah, jangan sampai mengganggu orang lain,” ungkapnya.

Dengan adanya hal itu, ASN yang ikut desminasi ini bisa menyebarkan ke masyarakat sehingga tidak menimbulkan konflik sosial.

“ASN-ASN ini dulu yang menjadi contoh di masyarakat, kalau anaknya mau ganti knalpot recing jangan dibiarkan, agar menjadi contoh untuk yang lainnya,” tambah Iqbal.(sam)

Rekomendasi Berita