oleh

Pemkab Empat Lawang Imbau Masyarakat Tak Konsumsi Air Sungai Musi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) meminta kepada masyarakat agar tidak menggunakan air Musi untuk Mandi, Cuci, Kakus (MCK) terlebih dahulu. Mengapa?

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Ternyata alasannya Sungai Musi tercemar Belerang. Apabila digunakan untuk MCK dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Masyarakat diminta jangan terlebih dahulu menggunakan air Sungai Musi untuk mandi maupun minum, sebab saat ini sungai Musi sedang tercemar belerang,” jelas Kepala DLHD Kabupaten Empat Lawang, Luqman Panggar Besy, Minggu (12/11).

Namun Luqman belum dapat memastikan sampai kapan Sungai Musi kembali bisa digunakan masyarakat untuk mandi maupun minum. Sebab dirinya masih perlu berkoordinasi dengan staf. “Nanti saya akan koordinasi dengan staf di kantor terkait Sungai Musi,” terangnya.

Pihaknya, kata Luqman, dalam waktu dekat akan membentuk tim untuk mengecek kondisi Sungai Musi pasca tercemar Belerang. “Kita ada bagian laboratorium, nanti tim akan mengecek kondisi air Sungai Musi. Besok (hari ini, red) segera saya kumpulkan staf untuk secepatnya terjun ke lapangan,” jelasnya.

Kondisi saat ini lanjut Luqman, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan. Fenomena alam ini merupakan rezeki tersendiri bagi masyarakat.

“Fenomena alam ini merupakan rezeki bagi masyarakat untuk mencari ikan, tapi ingat air Musi jangan terlebih dahulu digunakan untuk minum dan mandi,” ucapnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita