oleh

Pemkab Empat Lawang Gandeng STIE Mura

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Pelatihan pemanfaatan kulit biji kopi menjadi teh, dan pemanfaatan lebah Lanceng Trigona serta pembuatan pakan ikan, Kamis (19/4) di Hotel Zulian, berjalan lancar.

Pelatihan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, dengan menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Musi Rawas (Mura).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang dalam sambutannya mengatakan, jika kopi merupakan andalan Kabupaten Empat Lawang. Bahkan kopi dari Empat Lawang ini masuk 16 besar kopi terbaik Empat Lawang.

“Penghasilan kopi di Empat Lawang ini dalam setahun sekitar 6.000 ton, dengan potensi yang ada kami akan kembangkan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Pihaknya, meminta kepada STIE Mura agar memberikan bimbingan kepada masyarakat Empat Lawang.

“Dengan menggandeng STIE Mura ini, semoga pengetahuan masyarakat lebih tinggi,” harapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan STIE Mura, H Abdullah Hehamahua, mengatakan kebanyakan masyarakat itu tahunya karet itu hanya diambil getahnya saja, padahal biji karet tersebut juga bisa dimanfaatkan.

“Kita akan bantu masyarakat terutama para petani, bagaimana cara memanfaatkan biji karet, bagaimana cara memanfaatkan biji kopi menjadi teh, makanya kita datangkan pakarnya dari IPB,” kata Abdullah.

Dirinya berharap, waktu yang singkat ini, dua tahun tiga bulan yang akan datang, para petani di Empat Lawang sudah bisa memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Salah satunya sudah punya Lebah Trigona, karena Lebah Trigona itu mahal. Ini merupakan sumber penghasilan bagi petani sehingga tidak membebani APBN, caranya dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDM) yang ada,” tegasnya. (Adv/10).

Rekomendasi Berita