oleh

Pemilu 2019, Mura 6 Dapil

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura), sampaikan surat keputusan KPU RI terkait penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Hasilnya KPU RI menetapkan, untuk Kabupaten Musi Rawas ada 6 Dapil.

Yakni, Dapil I meliputi Kecamatan Jayaloka, Muara beliti dan TPK, dengan alokasi Kursi 6. Dapil 2 meliputi Kecamatan Purwodadi dan Tugumulyo, dengan alokasi Kursi 6. Dapil 3 meliputi Kecamatan Selangit, STL Ulu Terawas dan Sumber Harta, dengan alokasi Kursi 7. Dapil 4 meliputi Kecamatan Megang Sakti, dengan alokasi Kursi 6. Dapil 5 meliputi Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan, dengan alokasi Kursi 8. Dan Dapil 6 meliputi Kecamatan BTS ulu, Suka Karya dan Tuah Negeri, dengan alokasi Kursi 7.

Keputusan ini diungkapkan Divisi Teknis KPU Musi Rawas, Supriadi tertanggal 4 April 2018 sesuai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) oleh KPU RI.

“Keputusan sesuai opsi yang kita usulkan. Sebelumnya, setelah uji publik dan rapat kerja penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD tahun 2019 yang terakhir, ada tiga opsi yakni 4 Dapil, 5 Dapil dan 6 Dapil. Yang diputuskan oleh KPU RI 6 Dapil,” ungkap Supri.

Kedepan, tugas mereka melaksanakan keputusan tersebut sesuai dengan tahapan. Yakni, pengumuman pengajuan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota sejak 1 Juli-3 Juli. Lalu pengajuan daftar calon 4 Juli-17 Juli.

“Verifikasi kelengkapan administrasi 5 Juli-18 Juli, penyusunan dan penetapan DCS 8 Agustus-12 Agustus serta penetapan DCT 20 September 2018. Tahapan ini, sesuai dengan PKPU No. 5 Tahun 2018, tentang perubahan atas PKPU No. 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019,” jelasnya.

Saat ini ditambahkannya, masing-masing Parpol bisa melakukan persiapan DCS di internal mereka.

“DCS kita terima untuk persiapan DCT. Namun secara internal mereka sudah boleh melaksanakan persiapan penjaringan Bacaleg, atau memperkenalkan Bacaleg mereka,” tambahnya. (13)

Rekomendasi Berita