oleh

Pemilihan Ketua Osis Gunakan e-Voting

LINGGAU POS ONLINE – Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong digelar dengan menggunakan sistem e-Voting, Jumat (30/8/2019).

“Kita sudah melakukan pemilihan Ketua OSIS, di mana tahun ini menerapkan e-Voting,” kata Asep Suparma, Kepala SMKN 3 Rejang Lebong.

Dijelaskan Asep, pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong ini merupakan terobosan dilakukan oleh SMKN 3 Rejang Lebong pada era digital dengan pemanfaatan teknologi dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Menurutnya, ide pemilihan Ketua OSIS menggunakan sistem e-Voting ini adalah ide dari guru teknik komputer jaringan bersama para siswanya.

“Selama ini SMKN 3 Rejang Lebong memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Pemanfaatan e-Voting dalam pemilih Ketua OSIS merupakan salah satu gagasan di era industri 4.0. Pemilihan Ketua OSIS ini juga merupakan bagian dari upaya kita melatih para siswa untuk demokrasi,” paparnya.

Dengan penerapan e-Voting, katanya, kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong menjadi mudah dan cepat.

“Dengan penerapan e-Voting panitia hanya menyiapkan 30 unit komputer yang ada di sekolah, sehingga para siswa yang akan memberikan hak suaranya cukup mendatangi komputer yang telah disiapkan oleh panitia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo bersama komisioner KPU lainnya yang memantau langsung pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong menggunakan sistem e-Voting tersebut menyampaikan apresiasi kepada SMKN 3 Rejang Lebong atas kegiatan tersebut.

Menurutnya, meskipun masih perlu dilakukan penyempurnaan, namun apa yang dilakukan SMKN 3 Rejang Lebong tersebut sudah cukup bagus karena proses pemilihannya sudah berjalan.

“Program ini kedepannya terus dikembangkan sehingga lebih baik dan sempurna lagi,” harapnya. (*)

Laporan : Syamsul Ma’arif

Komentar

Rekomendasi Berita