oleh

Pemilih Wajib Tunjukan KTP-El Atau Suket

“Tidak bisa menunjukkan e-KTP, dipastikan tidak dapat menggunakan hak pilih di Pilkada 2018,” kata Divisi Teknis KPU Provinsi Sumsel, Liza Lizuarni.

Saat Hendak Memilih

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Waktu kita mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah tahun 2018 tinggal 50 hari lagi. Sebagai warga yang baik, dan bertanggung jawab atas kelangsungan kemajuan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kota Lubuklinggau lima tahun ke depan, maka harus mengetahui syarat mencoblos.

Meskipun sudah terdaftar sebagai pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan sudah memiliki formulir panggilan memilih atau formulir C6-KWK, masih terancam tidak bisa memilih pada 27 Juni 2018.

Sebab, berdasarkan Peraturan KPU No. 8 Tahun 2018 tentang Pemilih, pasal 7 ayat (2) pemilih harus menunjukkan formulir C6-KWK dan wajib juga menunjukkan KTP elektronik (KTP-El) atau Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kepada KPPS tempatnya memilih.

Demikian dijelaskan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Divisi Teknis, Liza Lizuarni saat menghadiri Fun Bike Sosialisasi Pilkada serentak 2018 di halaman Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, Minggu (6/5).

Artinya, tambah Liza Lizuarni, ketika masyarakat akan menggunakan hak pilih harus membawa kartu identitas diri, untuk memastikan kalau yang memilih adalah orang yang terdaftar sebagai pemilih.

“Begitulah aturannya, kalau tidak bisa menunjukkan KTP-El atau Suket tidak bisa menggunakan hak pilih, meskipun sudah terdata dan memiliki formulir panggilan model C6-KWK, dari KPPS,” jelasnya.

Ia melanjutkan, jadi masyarakat hendaknya memahami aturan tersebut, sebab itu bakal ditanyakan KPPS kepada seluruh masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

Diingatkannya, masyarakat jangan marah ketika ditanya KTP-El maupun Suket oleh KPPS saat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada saat hari pencoblosan.

”Tidak dapat menunjukkan KTP atau Suket sudah dipastikan tidak bisa menggunakan hak pilih. Jadi jangan ngamuk, atau marah-marah dengan petugas KPPS setempat kalau tidak bisa memilih,” jelasnya.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto, mengatakan khusus masyarakat yang sudah memiliki KTP-El maupun Suket, namun belum terdaftar atau  tidak memiliki formulir C6-KWK, tidak perlu khawatir karena tetap bisa menggunakan hak pilihnya, walaupun  waktunya terbatas. Karena untuk warga yang tidak terdaftar di DPT dan tidak mendapatkan surat undangan dari KPPS, maka mereka diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Untuk itu dihimbau kepada masyarakat Kota Lubuklinggau hendaknya lebih pro aktif memeriksa pengumuman DPT di RT atau kelurahan masing-masing. Ketika sudah terdaftar segera melengkapi syarat selanjutnya, yakni KTP-El atau Suket, karena itu merupakan syarat memilih. (01)

Rekomendasi Berita