oleh

Pemilih Pemula Ditargetkan Aktif di Pemilu 2019

LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau akan menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula. Salah satu metode yang digunakan adalah membentuk relawan demokrasi, karena para relawan ini nantinya akan turun langsung turun ke basis pemilih pemula.

Selain itu, tren mayoritas dari pemilih pemula yang banyak jadi warga internet, akan dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi di Media Sosial (Medsos), baik via WhatsApp (WA) maupun Facebook.

“Insya Allah dengan metode yang kita (KPU, red) lakukan, tingkat partisipasi pemilih pemula meningkat. Bahkan, kami berharap agar pemilih pemula, ikut mengajak anggota keluarganya menggunakan hak pilih di Pemilu 2019,” kata Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi, Rabu (16/1).

Menutut Andre sapaan akrab dari Andre Affandi, pihaknya juga akan membentuk forum diskusi bagi pemilih pemula, bersama dengan para relawan untuk membahas terkait kepemiluan. Yang bertujuan untuk dapat mendorong pemilih pemula yang mayoritas anak muda untuk berpartisipasi aktif di pemilu 2019.

“Prinsipnya, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, agar berperan aktif di pelaksanaan pemilu,” jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan hal yang sama, kalau pihaknya juga berharap agar para pemilih pemula di Kabupaten Mura dapat jadi agen perubahan. Dengan mengajak para anggota keluarganya menggunakan hak pilih secara realistis, bukan karena hubungan kekerabatan atau emosional.

“Pemilih pemula diharapkan jadi agen perubahan, bukan hanya menggunakan hak pilihnya saja. Sebab, mereka merupakan generasi penerus bangsa. Jadi, negara akan baik bila mereka baik, begitupun sebaliknya,” jelas Syarifudin. (aku)

Rekomendasi Berita