oleh

Pemerintah Saluran 346 Bantuan

MURATARA – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) telah menyalurkan bantuan alat pertanian, bibit dan benih kepada para petani.

Penyaluran bantuan ini, mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) dan meringankan serta membantu pekerjaan para petani di ‘Bumi Berselang Serundingan’.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, Suhardiman, Selasa (18/12) menjelaskan, bantuan yang disalurkan kepada para petani adalah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebanyak 346 unit dari APBN.

Sedangkan dari APBD hanya difokuskan membantu bibit dan benih seperti padi, karet, kakao dan kopi. Kemudian bidang peternakan ada ikan, itik, kolam terpal serta bibit ikan pakan, kemudian obat-obatan pertanian, mesin pemotong rumput dan lain sebagainya.

“Program ini kami lakukan tiada lain hanya untuk mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, untuk mengoptimalisasi pemanfaatan lahan terlantar,” ungkap ia.

Adapun yang disalurkan pada para petani (lihat ditabel).

“Sedangkan dari anggaran APBD, itu difokuskan pada bibit dan benih seperti  padi, karet, kakao, kopi. Untuk di bidang peternakan ada bantuan yang di salurkan berupa ikan, itik, kolam terpal serta bibir ikan pakan, kemudian obat-obatan pada pertanian, mesin pemotong rumput dan lain sebagainya,” ungkap ia.

Lanjut Suhardiman, bantuan ini bertujuan untuk meringankan dan meningkatkan beban serta pendapatan para petani di kabupaten Muratara.

“Saya hanya berharap kedepan agar para petani dapat memelihara dan merawat apa yang telah di berikan oleh pemerintah kabupaten Muratara, manfaatkan semaksimal mungkin,” katanya.

Sambung Suhardiman, alat diberikan untuk membantu kelancaran atau aktivitas petani dalam berusaha sebagai petani. Sehingga diharapkan para petani agar  dapat meningkatkan penghasilan secara maksimal.

“Ke depan saya akan terus berusaha agar apa yang di butuhkan masyarakat dalam bidang pertanian akan terealisasi sesuai harapan,” tegas ia.

Sementara Kades Bingin Kecamatan Rupit, Henki Basyif mengatakan adanya bantuan dari Pemkab Muratara melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, masyarakat merasa sangat terbantu perekonomiannya.

Lanjut Henki Basyif, selama ini masyarakat tidak terpikirkan untuk bersawah, dengan adanya bantuan dari Pemkab di Desa Bingin saat ini sudah banyak yang bersawah, beternak ikan dan sebagainya sehingga masyarakat Bingin perekonomiannya sedikit terbantu.

“Sekali lagi saya acung jempol pada Pemkab Muratara terkhusus Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan,” tutup ia. (cw3)

Rekomendasi Berita