oleh

Pemerintah Kecamatan Ajak Sukseskan Pemilu

LUBUKLINGGAU – Camat Lubuklinggau Barat II, Hj Zainona didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Lubuklinggau Barat II, Wahyu Lindra mengatakan Pemilu 2019 yang akan dilakukan pada 17 April 2019 harus terlaksana dengan baik. Karena ini Pemilu serentak pertama yang dilakukan, sebab pada saat hari pencoblosan masyarakat akan memilih lima surat suara, yakni surat suara untuk pemilihan anggota DPD, anggota DPR, DPRD Provinsi dan anggota DPRD serta surat suara untuk Pemilihan Presiden-Wakil Presiden.

“Ini adalah Pemilu serentak dan terbesar perdana yang kita lakukan, jadi harus dilaksanakan dengan baik, dengan penuh kehati-hatian,” jelasnya, Senin (7/1).

Menurutnya, semua pihak mulai dari penyelenggara pemilu baik PPK Lubuklinggau Barat II maupun Panwascam Lubuklinggau Barat II, harus ekstra keras dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Kemudian, yang tidak kalah pentingnya adalah partisipasi dari masyarakat, mulai tokoh agama, tokoh masyarakat hingga tokoh pemuda, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu.

“Mulai dari masyarakat hingga penyelenggara tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain. Bila ada permasalahan atau kekeliruan, segera diselesaikan secepatnya, kalau belum ditemukan jalan keluarnya, silakan koordinasi dengan pimpinan masing-masing, jangan dibiarkan masalah itu berlanjut ke tingkat selanjutnya,” katanya.

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, maka dibutuhkan partisipasi semua pihak untuk melakukan hal itu. Termasuk trik atau metode yang digunakan peserta pemilu untuk menarik simpati masyarakat.

“Tapi, kalau metode yang digunakan melanggar hukum, masyarakat harus melaporkan permasalahan itu ke pengawas pemilu. Kemudian, pengawas pemilu juga harus memprosesnya sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya. (aku)

Rekomendasi Berita