oleh

Pemerintah Harus Tawarkan ‘Win-Win Solution’

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Musi Rawas, Samsul Bahri menegaskan pihaknya tetap meminta Bupati Musi Rawas, segera melaksanakan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komisi I. Yakni, mengenai permasalahan antara PT Lonsum dan masyarakat Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti.

Pihaknya tetap berharap, rekomendasi yang sudah dikeluarkan sejak lama tersebut segera dilaksanakan.

“Pada saat pertemuan dengan Bupati, kebetulan kita (Komisi 1, red) tidak diundang. Namun kita tetap berharap, pasca Bupati Musi Rawas mendengarkan langsung apa yang dipertanyakan dan dituntut oleh masyarakat Desa Muara Megang, segera ditindaklanjuti. Bukan dibiarkan berlarut-larut,” tegas Samsul Bahri, Senin (6/11).

Karena menurutnya, permasalahan seperti ini tidak hanya dialami oleh masyarakat Desa Muara Megang.

“Ada beberapa kasus yang sama, di daerah lain. Mereka membutuhkan pemerintah yang cepat tanggap, untuk menindaklanjuti tuntutan warga. Ketika tidak ditindaklanjuti dan berlarut-larut, terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, siapa yang mau bertanggung jawab. Sementara kita (DPRD, red) sudah mengeluarkan rekomendasi sebagai upaya untuk mencarikan solusi, justru tidak dilaksanakan,” jelasnya.

Wajar, politisi Partai Golkar ini melanjutkan, kalau masyarakat terus mendesak dan mempertanyakan realisasi dari rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komisi I.

“Dan sudah sewajarnya, pemerintah memberikan efek jera atau syok terapi untuk perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban mereka. Pemerintah boleh saja memikirkan investor agar tetap mau berinvestasi, tetapi pemerintah juga harus memikirkan kesejahteraan masyarakatnya. Walaupun yang dirugikan sedikit, namun mereka tetap bagian dari masyarakat Musi Rawas,” jelasnya kembali.

Pasca kembali dilaksanakan pertemuan, pihaknya berharap ada win-win solution yang ditawarkan oleh pemerintah.

“Dan memang harus ada, sebelum kembali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya kembali.

Ketua DPRD Musi Rawas, Yudi Fratama sebelumnya, usai mengikuti pertemuan dengan Bupati Musi Rawas menjelaskan kalau pertemuan tersebut, belum menemukan hasil akhir, karena masih harus dimusyawarahkan. Namun saat pertemuan, Bupati sudah berkomitmen untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.

“Karena kita paham, pihak eksekutif juga harus mempertimbangkan segala aspek saat memfasilitasi dan mengambil kebijakan mengenai permasalahan ini. Harus penuh kehati-hatian. Namun kita berkeyakinan, apa yang menjadi komitmen mereka saat rapat kemarin segera dijalankan,” lanjutnya.

Apalagi pihak eksekutif dituntut untuk bisa memfasilitasi, atas tuntutan masyarakat. Selain itu, mereka juga dituntut untuk bisa menjaga para investor agar tetap berinvestasi di Musi Rawas, tanpa ada konflik dengan masyarakat.

“Ya kita berharap, ada kebijakan yang terbaik dari hasil musyawarah nanti,” harapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita