oleh

Pemenang Pilkada Segera Ditetapkan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau akan segera menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Serentak 2018. Baik untuk hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri menerangkan, pleno ini mengacu Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, tahapan pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara diagendakan 4-6 Juli 2018.

“Pleno di KPU, kemungkinan akan dilakukan pada 5 Juli nanti,” kata Efriani Suhendri, saat dibincangi Linggau Pos, Senin (2/7).

Menurut bapak yang karib dipanggil Eef itu, untuk persiapan pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara, komisioner beserta sekretariat KPU Kota Lubuklinggau akan melakukan rapat internal, hari ini (3/5).

Dalam rapat akan dibahas mengenai teknis pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, baik mengenai siapa-siapa saja yang diperkenankan untuk masuk, termasuk pengamanan.

“Untuk pengamanan, kita akan koordinasi dengan aparat keamanan TNI/Polri, dan Sat Pol PP,” jelasnya.

Setelah itu, khusus untuk perolehan suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, akan dibawa langsung ke KPU Provinsi Sumsel, tepat setelah dilakukannya pleno dengan pengawalan aparat keamanan.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim untuk hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau. KPU, akan menetapkan pemenang Pilkada tiga hari setelah dilakukannya rekapitulasi penghitungan suara.

“Bila dalam tiga hari tidak ada gugatan, KPU langsung menetapkan pemenang Pilkada,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan di depan sekretariat kantor KPU Kota Lubuklinggau, Jalan Depati Djati, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat II sudah dipasang kawat security barrier (kawat berduri). Sehingga, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, sementara kendaraan roda empat parkir di depan kawat berduri.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan tanggal 4 Juli KPU Kabupaten Muratara akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara, untuk Pilgub Sumsel 2018. Untuk menghadapi itu, dilakukan rapat internal dengan seluruh anggota PPK, dalam rangka persiapan rekapitulasi penghitungan suara ditingkat KPU.

Sama halnya Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Ach Zaein mengatakan pihaknya juga akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Sumsel 2018 Rabu 4 Juli 2018. Menghadapi rekapitulasi tersebut, sudah diinstruksikan kepada seluruh PPK untuk datang tepat waktu sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. (01)

Rekomendasi Berita