oleh

Pemeliharaan Sport Center Bertahap

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau segera menindaklanjuti keluhan terbengkalainya sarana olahraga di Sport Center, Kelurahan Petanang Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Penyelesaiannya dilakukan secara bertahap.

Hal itu disampaikan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Senin (24/9).

“Caranya bertahap karena banyak hal yang juga harus menjadi prioritas pemerintah,” terang bapak yang karib dipanggil Nanan ini.

Nanan mengakui, pilihan waktu itu cukup sulit, karena area tersebut dulunya dipilih menjadi area Sport Center namun jauh dari pusat kota. Namun dikembangkan menjadi area Sport Center, sehingga bisa dimanfaatkan ketika Lubuklinggau dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ya harusnya kita bangga, punya Sport Center. Soal pemeliharaan atau pengembangan, pasti akan kita lakukan namun secara bertahap, karena masih banyak pembangunan lainnya yang harus kita lakukan. Yang pasti pengembangan area Sport Center akan kita tindak lanjuti,” tegas Nanan.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau, Surya Dharma. Ia mengakui, kalau tahun 2018, memang tidak ada anggaran pemeliharaan area Sport Center. Namun pihaknya akan kembali mengajukan di APBD induk tahun 2019.

“Untuk saat ini kita memang tidak bisa, karena anggaran kita terbatas. Namun pemeliharaan pasti akan kita lakukan,” tegasnya.

Surya sapaan akrabnya ini menegaskan, sejak tahun 2017 pihaknya sudah mengusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, agar dianggarkan pada tahun 2018 untuk pemeliharaan dan renovasi sarana serta fasilitas yang ada di Sport Center.

Sayangnya usulan tersebut hingga kedua kalinya diusulkan, belum juga direalisasikan TAPD dan DPRD, mengingat adanya keterbatasan anggaran dari Pemkot Lubuklinggau. Ia mengakui, di tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi anggaran yang memungkinkan banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di Sport Center. Termasuk pembinaan para atlet, sehingga bisa masuk lima besar dalam ajang Porprov Sumsel tahun 2017. Hingga saat ini persiapan untuk ajang Porprov tahun 2019 pun belum bisa mereka lakukan.

“Kalau sekarang kondisinya berbeda, ya kita harus memaklumi itu dan berharap bisa segera dianggarkan di APBD induk 2019 mendatang,” ungkapnya. (rfm)

Rekomendasi Berita