oleh

Pemegang KIP Bisa Langsung Daftar Bidikmisi

LUBUKLINGGAU – Saat ini, sedang dibuka pendaftaran seleksi mahasiswa penerima Bidikmisi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019. Bagi penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT (https://ltmpt.ac.id/) atau laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/).

Kabar ini disampaikan Kepala SMAN 1 Lubuklinggau Zulkarnain kepada Linggau Pos, Minggu (6/1). Sementara, ia mengatakan bagi siswa bukan penerima KIP yang ingin mendapatkan beasiswa Bidikmisi mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan.

Cara pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman LTMPT dan Bidikmisi.

Zulkarnain yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA itu menjelaskan, Bidikmisi untuk siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id,” saran dia.

Ia menjelaskan, Bidikmisi adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Untuk tahun 2019 telah ditingkatkan kuotanya hingga 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar Program Bidikmisi dapat memberikan layanan bantuan yang lebih luas lagi kepada para siswa yang memerlukan.

Keterbatasan ekonomi itu, jelas Zulkarnain, dibuktikan dengan kepemilikan KIP atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp4 juta atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750 ribu. (lik)

Rekomendasi Berita