oleh

Pemda Bakal Kembali Kelola SMK

CURUP – Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastari mengaku mendukung dengan adanya wacana pengembalian pengelolaan SMK ke Pemerintah Daerah (Pemda). Menurut Iqbal Bastari, jika hal ini direalisasikan maka pengelolaan SMA/SMK sederajat akan lebih efektif, selain itu pengawasan lebih mudah.

Iqbal Bastari menjelaskan, secara geografis dan psikologis pemerintah daerah lebih cepat melakukan tindakan ataupun respons jika terjadi suatu permasalahan ataupun lainnya dibandingkan dengan provinsi.

“Kalau ada masalah pasti yang bergerak pertama kali kabupaten karena secara geografis pihak kabupaten bisa lebih cepat menangani,”ungkapnya.

Namun Iqbal Bastari tidak memaksa hal ini terwujud, ia sepenuhnya menunggu kebijakan Kementrian Pendidikan RI. Ia tetap berharap, Kementerian Pendidikan RI tetap mengkaji permasalahan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

“Jangan gegabah dalam mengambil keputusan, sebab nanti dampaknya juga pada Kabupaten,” ungkapnya.

Selain itu, Kementrian Pendidikan RI juga menguatkan pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMK sederajat. Sehingga saat lulus SMK, alumni memiliki keahlian untuk berwirausaha dan skill lainnya.

“Perlu adanya konsep baru pembelajaran di SMK, tidak mesti mengubah kurikulum tapi meningkatkan kemampuan kewirausahaan untuk setiap siswa SMK, sehingga setelah tamat nanti mereka bisa membangun usahanya sendiri mengingat di daerah kita sektor industrinya masih kurang,” harap Iqbal.(sam)

Rekomendasi Berita