oleh

Pembuktian Kekuatan Tuan Rumah

TIM Nasional (Timnas) Spanyol akan menghadapi tuan rumah Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu 1 Juli 2018 pukul 21.00 WIB. Meski bermain di kandang lawan, melihat kualitas skuad yang dimiliki, La Furia Roja –julukan Spanyol– dijagokan keluar sebagai pemenang.
Ini tentunya menjadi kesempatan bagus bagi Rusia untuk membuktikan diri bahwa hadirnya mereka di ajang Piala Dunia 2018 patut diperhitungkan, bukan hanya sekadar beruntung karena menjadi tuan rumah.

Sejauh ini di babak penyisihan grup, kekuatan Rusia dapat dikatakan belum benar-benar teruji. Meski skuad asuhan Stanislav Cherchesov itu telah memenangkan dua pertandingan, namun keduanya didapat saat berhadapan dengan tim yang di atas kertas berada satu level di bawah mereka, yakni Arab Saudi dan Mesir. Sementara saat berjumpa lawan kuat seperti Uruguay, Rusia harus mendera kekalahan telak 0-3.

Sementara itu, Spanyol sendiri juga belum bisa dikatakan telah menampilkan permainan impresif. Di fase grup, tim berjuluk La Furia Roja itu hanya bermain imbang saat jumpa Portugal, menang tipis atas Iran, dan susah payah membendung Maroko. Dengan kata lain, laga melawan Rusia juga merupakan kesempatan bagi Spanyol menunjukkan jati diri mereka yang sesungguhnya.

Apabila menilik pada lima pertandingan terakhir masing-masing kesebelasan, Spanyol memiliki catatan lebih bagus. Dalam lima laga terakhir, Sergio Ramos dan kolega tidak pernah mendera kekalahan, dengan rincian dua kali menang serta tiga lainnya berakhir imbang. Sementara Rusia, meski mereka juga meraih dua kemenangan, namun mereka pun mendera dua kali kekalahan.

Akan tetapi, jika ditelisik lebih dalam, Spanyol tak boleh meremehkan Rusia racikan Stanislav Cherchesov. Bahkan bukan tak mungkin, Spanyol asuhan Fernando Hierro akan disingkirkan Rusia. Mengapa?

Spanyol ternyata memiliki catatan buruk tiap kali bertemu tuan rumah Piala Dunia di fase gugur. Dari tiga pertemuan kontra tuan rumah, tim Negeri Matador selalu kalah! Penampilan pertama Spanyol kontra tuan rumah di fase gugur, tersaji di perempatfinal Piala Dunia 1934 yang berlangsung di Italia.

Saat itu, Italia dan Spanyol bermain sama kuat 1-1 hingga 120 menit pertandingan. Karena saat itu tidak mengenal adu tendangan penalti, laga pun diulang satu hari kemudian. Gli Azzurri –julukan Italia– pada akhirnya menang 1-0 lewat gol Giuseppe Meazza pada menit ke-11.

Kemudian, Spanyol kembali bertemu tuan rumah Brasil di Fase Grup kedua Piala Dunia 1950. Saat itu, Spanyol dihancurkan Brasil dengan skor 1-6. Sementara itu, terakhir kali Spanyol dikalahkan tuan rumah tersaji di Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Korea-Jepang.

Namun memang secara rekor pertemuan pun Spanyol lebih unggul atas Rusia. Dari total enam pertandingan yang telah dimainkan, kubu La Furia Roja memetik empat kemenangan, sementara dua sisanya tanpa pemenang. Dengan kata lain, Rusia belum pernah sekalipun meraih kemenangan atas Spanyol. Apabila melihat materi pemain pun, di atas kertas Spanyol lebih diunggulkan memenangkan laga ini. Adapun prediksi skor untuk laga ini adalah 2-0 untuk kemenangan Spanyol. (Net)

Rekomendasi Berita