oleh

Pembukaan International Musi Triboatton VI Menuai Decak Kagum

Pembukaan International Musi Triboatton (IMT) VI berlangsung dengan meriah dan menuai decak kagum dari tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam acara ini Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Ketua TP PKK Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga, Kadisbudpar Kabupaten Musi Rawas Amrullah, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Drs Putu Ngurah, MM, Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Musi Rawas, peserta dari berbagai negara serta masyarakat.

Kadisdbupar Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan Musi Rawas bukan tempat baru baginya, karena pertama kali ditugaskan yaitu di Musi Rawas.

“Saya pertama kali ditugaskan di Musi Rawas, jadi kalau sekarang saya ke sini seperti pulang kampung saja. Pelaksanaan IMT dimulai sejak tahun 2012, di mana Musi Rawas dipilih karena memiliki sungai Musi yang indah, kalau di Sumsel, sungai Musi merupakan ikon. Makanya kita buat kegiatan IMT yang berskala Internasional, supaya negara luar mengetahui akan potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Sumsel,” kata Irene sapaan akrabnya, Kamis (9/11).

Menurut Irene pelaksanaan IMT di lima kabupaten/kota di Sumsel, salah satunya di Musi Rawas.

“Insya Allah tahun depan dihadiri oleh bapak Gubernur, karena saat ini tidak hadir sedang menjadi narasumber di luar negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Drs Putu Ngurah, MM mengatakan kalau mau belajar tentang pariwisata, belajarlah dari Bali. Karena Bali daerah yang tidak henti-hentinya digandrungi oleh warga luar negeri.

“Kalau orang-orang datang ke Bali, pasti di mana-mana lagunya sangat khas sekali, sehingga lagu-lagu yang didengar tersebut menjadi ciri khas ketika berada di Bali. Sehingga, musik-musik dan kebudayaan yang ada di Musi Rawas juga harus dikembangkan dikenalkan kepada orang lain. Sehingga daerah sini ada ciri khasnya sendiri,” tuturnya.

Karena, lanjut Putu Ngurah, Sumsel pariwisatanya sangat terkenal, sehingga harus terus dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat luar.

“Bagaimana untuk memperkenalkan daerah ini, dengan cara membuat event. Undang tamu-tamu dari luar, kenalkan pariwisata yang ada. Maka kalau pariwisatanya dikelola dengan baik, maka para pendatang akan betah dan nyaman,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengucapkan terima kasih, karena Musi Rawas tetap dipercaya sebagai lokasi IMT.

“Saya sangat senang sekali, karena warga dari berbagai daerah baik luar negeri maupun dalam negeri datang ke sini. Secara tidak langsung daerah kita dikenal oleh warga luar, kita menginginkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga IMT dapat melahirkan atlet-atlet yang profesional,” ungkap Hendra. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita