oleh

Pembudidaya Lele Ikut Pelatihan

MUSI RAWAS – Sejumlah Pembudidaya Ikan Lele Kecamatan Sumber Harta beramai-ramai mengikuti pelatihan budidaya ikan lele yang dilaksanakan di Balai Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Selasa (9/7).

Meningkat permintaan pasar akan beberapa jenis ikan hasil budidaya, seperti nila, lele, mas, bawal, bandeng, kepiting, udang, dan lainnya merupakan sebuah peluang dan harapan baru bagi para pelaku usaha budi daya.

Sejumlah petani menangkap peluang tersebut, dengan memulai pengembangan usaha budidaya ikan lele memanfaatkan lahan sawah yang ada di daerah itu.

Camat Sumber Harta, Sutarmin mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang dibentuk dan dibina untuk kemakmuran petani lele di seluruh desa di Kecamatan Sumber Harta.

Sehingga meminta kepada warga agar serius dan fokus dalam mengembangkan peluang usaha ini. Kerja keras dan kerja bersama dari masyarakat desa penting, mengingat pembinaan ini hanya sebagai bentuk fasilitasi.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pelatihan budidaya ikan lele ini bisa mendapatkan cara baru, dalam menerapkan pembudidayaan ikan lele yang mereka jalankan,” harapnya.

Salah seorang warga Desa Sumber Jaya, Hardi (35) mengatakan pelatihan itu sangat baik sekali. Dan manfaatnya sangat banyak, sehingga pengetahuan dalam membudidaya ikan lele sudah banyak yang tahu.

“Usaha ini berawal dari keinginan kuat kami, untuk menambah penghasilan dari pekerjaan sampingan selain bertani,” kata Hardi.

Menurutnya, awalnya ia masih coba-coba bersama para pembudidaya lainnya. Namun saat ini sudah ia geluti lebih serius, karena hasilnya cukup menguntungkan. (dlt)

Rekomendasi Berita