oleh

Pembuatan Akta Kelahiran Capai 93,29 %

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas (Mura) hingga Juli 2018, mencetak akta kelahiran hingga 93,29 persen. Raihan ini berhasil melampaui batas target nasional diberikan untuk pembuatan akta kelahiran usia 0-18 tahun.

Target diberikan Kementerian Kependudukan tahun 2018 berupa pembuatan akta kelahiran usia 0-18 tahun sebanyak 90 persen.

“Secara nasional kami berhasil mencapai target, bahkan sampai Juli 2018 jumlah anak 0- 18 tahun di Mura telah memiliki akta kelahiran 114, 640 atau 93,29 persen,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura Y Mori melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Disdukcapil Mura Rahmat Dinata, Senin (27/8).

Dikatakan Rahmat Dinata, berdasarkan data semester Il tahun 2017, jumlah anak usia 0- 18 tahun di Kabupaten Mura sebanyak 122, 892 anak. Dari 122, 892 anak itu,  yang belum memiliki akta kelahiran sebanyak 8, 252 atau 6,71 persen.

“Namun sisanya tersebut mudah-mudahan akhir tahun ini, yakni Desember semuanya dapat terselesaikan,” ucapnya.

Rahmat Dinata menjelaskan, tingkat kepemilikan akta anak 0- 18 tahun tertinggi di Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Purwodadi, Tugumulyo, dan yang paling terendah Kecamatan Muara Kelinggi.

“Ya, dari tahun ke tahun tingkat kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan terus meningkat. Capaian melebihi target itu, karena kami melakukan pelayanan keliling jemput bola ke desa-desa dan membuka layanan pada hari libur, yakni Sabtu,” ujarnya.

Salah seorang warga Desa Taba Gindo Kecamatan Selangit, Herwan (42) mengatakan untuk pengurusan Akta kelahiran saat ini sedikit rumit. Karena, persyaratannya cukup banyak dan lengkap.

“Sedikit rumit sebenarnya, karena syaratnya harus lengkap sekarang ini. Tetapi tidak mengapa, itu demi masyarakat sendiri,” kata Herwan.

Herwan mengakui dirinya mengurus akta kelahiran ini untuk persiapan jika sewaktu-waktu anaknya masuk sekolah. Jika tidak ada akta, kata dia, maka tidak bisa mendaftar.(04)

Rekomendasi Berita