oleh

Pemberkasan NIP CPNS Dimulai

MUSI RAWAS – Saat ini proses rekrutmen seleksi CPNS Kabupaten Musi Rawas (Mura) memasuki tahap akhir. Hal itu disampaikan, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mura, H Rudi Irawan melalui Kabid Pengangkatan dan Pemberhentian, Wiwik Widianingsih kepada koran ini, Rabu (23/1).

Seluruh hasil tes bisa dipantau peserta, dan peserta yang berpeluang lulus sudah melalui proses pemberkasan, sementara yang lulus CPNS sebanyak 148 orang.

Beberapa waktu lalu Pemkab Mura telah melaksanakan tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan telah mengumumkan peserta yang dinyatakan lulus seleksi, yang dihasilkan dari nilai integrasi antara SKD dan SKB.

Cara integrasi kedua nilai tersebut telah ditetapkan rumusnya yaitu 40 persen untuk SKD dan 60 persen untuk SKB. Sedangkan untuk tenaga pendidikan yang telah memiliki sertifikat pendidik mendapatkan nilai sempurna dari Tes SKB. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan proses penerimaan CPNS berlangsung transparan.

“Pelaksanaan pemberkasan telah dilaksanakan pada 15 Januari 2019 hingga 18 Januari 2019. Dan Alhamdulillah tanpa kendala,” kata Wiwik Widianingsih.

Proses selanjutnya, yakni pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP), termasuk input data dari masing-masing peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi ke dalam sistem aplikasi BKN yang dinamakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Output SAPK adalah usulan persetujuan teknis penetapan NIP, usulan Pertimbangan Teknis ( Pertek ) tersebut beserta berkas kemudian akan diverifikasi kembali oleh BKN.

“Kita lagi proses tahap entry, setelah entry selanjutnya diprint pertimbangan teknis penetapan NIP, dan akan di antar ke BKN,” ucapnya.

Menurutnya, setelah verifikasi dan berkas usulan dinyatakan valid dan lengkap. Maka BKN akan mengeluarkan lembar persetujuan NIP. Lembar persetujuan NIP akan dijadikan dasar oleh BKPSDM Mura untuk membuat SK CPNS. (dlt)

Rekomendasi Berita