oleh

Pembatasan Pesta Malam

MUSI RAWAS – Pelaksanaan pesta malam di Kelurahan Muara Lakitan, Kecamatan Muara Lakitan akan dibatasi sampai pukul 23.00 WIB. Hal itu diputuskan, Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Lakitan, Iptu Romi bersama Lurah Muara Lakitan, Susanti dan anggota Koramil Muara Lakitan dalam rapat bersama warga di Kantor Lurah Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan, Rabu (16/1).

Penghentian acara pesta malam tersebut, sesuai pembatasan waktu yang sudah diputuskan dan disepakati oleh Pemerintahan Kelurahan. Karena, selama ini pesta malam di Kelurahan Muara Lakitan berlangsung sampai pagi.

Lurah Kelurahan Muara Lakitan, Susanti mengatakan sebelum tindakan ini diambil, pihaknya terlebih dahulu mengeluarkan surat edaran tentang pembatasan pesta malam. Karena mengingat masih adanya pesta adat “Sumbangsih”.

“Selama ini banyak menimbulkan keributan, maka dengan ini pembatasan pesta malam dihentikan setelah pelaksanaan acara Sumbangsih,” kata Susanti.

Susanti berharap, keputusan ini dapat dijalankan oleh warganya. Dan dapat didukung oleh semua pihak, agar keputusan ini dapat berjalan demi masa depan para pemuda dan pemudi di Kelurahan Muara Lakitan.

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Lakitan, Iptu Romi mengatakan sesuai dengan kesepakatan yang telah dimusyawarahkan ini, setelah selesai acara Sumbagsih tidak ada lagi acara tambahan atau mengadakan acara bebas.

Penghentian pembatasan waktu pesta malam tersebut, memang ada sekelompok warga yang masih menolak pesta malam tersebut dihentikan. Mungkin kebiasaan selama ini mereka merasa bebas melaksanakan pesta malam, sampai menjelang pagi.

Namun, pesta malam sangat mengganggu Kamtibmas dan sangat merusak para muda-mudi, sebagai generasi penerus bangsa yang mana pelaksanaan pesta malam tersebut terindikasi adanya hal yang negatif.

“Pelaksanaan pesta malam tersebut, banyaklah ruginya ketimbang manfaatnya,” kata Romi.

Romi berharap, kegiatan yang sudah dilakukan di Kelurahan Muara Lakitan dapat jadi contoh bagi desa/kelurahan lain yang masih mengadakan pesta malam di wilayah Kabupaten Mura. (dlt)

Rekomendasi Berita