oleh

Pembangunan Sarana Air Bersih Dilanjutkan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pembangunan sarana air bersih di Desa Kota Pagu Kecamatan Curup Utara yang bersumber air Sungai Tik yang, di Desa Seguring Kecamatan Curup Utara dilanjutkan. Hal itu setelah dilakukan mediasi antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan warga dan pihak terkait, Senin (10/8).

Meski dilanjutkan pembangunannya, namun petani sawah yang sumber air untuk mengaliri sawahnya diambil dari sumber air yang sama boleh menggunakannya saat kalangan petani membutuhkan untuk mengaliri sawahnya.

Kepala Desa (Kades) Kota Pagu, Kecamatan Curup Utara, Irian Ependi menjelaskan, pembangunan sarana air bersih tetap dilanjutkan setelah adanya persetujuan warga sebelumnya keberatan jika sumber air tersebut digunakan untuk sarana air bersih khawatir sawahnya kekeringan.

Sumber air yang digunakan untuk sarana air bersih, katanya, nantinya dibuat sistem buka tutup.

“Jika petani membutuhkan air untuk sawah mereka, maka mereka bisa menggunakannya untuk mengalirkan ke sawah petani. Jika sudah selesai air ini bisa disalurkan kembali,” katanya.

Sementara itu, perwakilan DPU Kabupaten Rejang Lebong, Luhur Budi Santoso mengaku tidak mempersoalkan sistem buka tutup pendistribusian air bersih. Sehingga antara pemenuhan kebutuhan air bersih dan usaha pertanian bisa sama-sama berjalan.

Sebelumnya, belasan warga di kawasan di Desa Seguring dan Desa Kota Pagu Kecamatan Curup Utara khawatir dengan adanya pembangunan sarana air bersih yang mengambil sungai Tik di kawasan desa Kota Pagu.

Pasalnya, sumber air yang digunakan dari Sungai Tik, merupakan salah satu sumber air yang digunakan belasan hektar sawah di sekitar lokasi itu. Mereka khawatir, jika diambil sawah mereka akan kekeringan. (Sam)

Rekomendasi Berita