oleh

Pembangunan P4T Empat Lawang Proses Penentuan Lahan

LINGGAU POS ONLINE- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Pertanian, akan membangun Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Terpadu (P4T). Rencananya, P4T akan dipusatkan di Kecamatan Tebing Tinggi.

Pembangunan P4T sudah lama digaungkan oleh pemerintah untuk memajukan dan membantu para petani. Pembangunan P4T bagian dari visi misi Bupati Empat Lawang, dan saat ini masih dalam proses pengadaan lahan yang sedang diurus oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim).

“Direncanakan akan dibangun di atas lahan sekitar 60 hektare yang lokasinya di Tebing tinggi,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Dadang Munandar saat dibincangi di ruang kerjanya.

Di P4T akan dibangun berbagai pusat-pusat penelitian yang dibagi dalam beberapa bidang seperti Pertanian pangan, Perikanan dan Hortikultura.

“Kalau hortikulura tanaman sayuran dan buah-buahan baik organik dan non organik, serta juga ada bidang percontohan, bidang penelitian, dan bidang penyuluhan serta pusat Konsultasi pertanian,” jelasnya

Untuk pegawai lanjut Dadang, nanti akan diisi oleh putra-putri dari berbagai kecamatan yang ada di Empat Lawang sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

“Tentu saja dengan adanya P4T ini nanti bisa menjadi wadah yang menampung banyak sekali pekerja yang secara tidak langsung bisa mengurangi angka pengangguran, oleh karena itu nanti kami berharap agar setiap kecamatan itu ada perwakilan masyarakatnya yang bekerja di dalam pusat penelitian pertanian ini,” tuturnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita