oleh

Pemanfaatan DD Wajib Tepat Sasaran

LINGGAU POS ONLINE – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Samsul Bahri mengatakan pemanfaatan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) harus tepat guna dan sasaran. Sehingga pembangunan di desa semakin maju dan masyarakat pun sejahtera.

Ia menjelaskan, DD dan ADD yang diberikan pemerintah untuk masing-masing desa setiap tahun terus bertambah. Bila, dimanfaatkan dengan baik, maka pembangunan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) semakin baik. Karena, hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN. Selain itu dijelaskan dalam Peraturan Menteri Desa PDT dan Transmigrasi No.22 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa prioritas penggunaan DD, untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Memang, DD bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas hidupnya, dalam berbagai pembangunan infrastruktur dan fasilitas kesehatan dapat menggunakan dana desa. Misalnya pembangunan puskesmas, saluran irigasi, posyandu, polindes dan transportasi.

Namun, masyarakat juga bisa berperan dalam proses pengawasan pelaksanaan anggaran desa. Seperti, menyampaikan fakta atau bukti penyimpanan pengelolaan anggaran desa kepada pihak-pihak terkait. Bersedia menjadi saksi atas penyimpangan pengelolaan anggaran desa, memberikan penilaian pelaksanaan anggaran desa, menyampaikan usulan perubahan anggaran desa, bila ada yang tidak sesuai. Mendorong pihak-pihak terkait untuk melaksanakan anggaran desa secara disiplin.

“Kontrol sangat dibutuhkan, agar dana yang digunakan tidak terbuang percuma,” jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh Kades, untuk memanfaatkan dana yang digunakan sebaik mungkin. Karena, bila ada penyimpangan akan merugikan Kades itu sendiri, sebagai pengelola anggaran. Bahkan, bisa berhadapan dengan aparat penegak hukum.

“Gunakanlah DD dan ADD, sesuai peruntukan. Sehingga, tujuan digelontorkannya dan tersebut bisa tercapai, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya. (aku)

Rekomendasi Berita