oleh

Peluang Existing Sama Dengan Pendaftar dan PAW

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah membuka rekrutmen calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota masa jabatan 2018-2023. Pada tahapan rekrutmen ini terungkap, peluang existing (Panwaslu yang masih menjabat, red) sama dengan pendaftar baru dan Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk memperebutkan jabatan sebagai komisioner Bawaslu kabupaten/kota.

“Tidak ada jaminan Existing jadi komisioner Bawaslu. Peluang mereka tetap sama dengan pendaftar baru maupun PAW. Mesti mengikuti tahapan tes. Kalau untuk pendaftar baru dan PAW mesti ikut tes tertulis, sedangkan existing dinilai dari kinerjanya,” ungkap Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu kabupaten/kota masa jabatan 2018-2023, Dr Mada Apriandi Zahir, SH, MCL ditanya awak media, saat Sosialisasi Rekrutmen Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumsel periode 2018-2023 di Auditorium Pemkab Musi Rawas (Mura), Senin (24/6) pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Menurut Mada, Existing dinilai dari kinerjanya juga akan terungkap dengan adanya masukan dan tanggapan dari masyarakat mengenai mereka. Dan sesuai jadwal tahapan pada 30 Juli hingga 3 Agustus 2018. Mada, sapaannya kembali menyatakan penilaian untuk existing ini dilihat dari sejumlah pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada Timsel, dan nantinya pengaduan warga itu dikaji dan dipelajari oleh Timsel. Pengaduan itu, sambung dia, bisa saja berkenaan dengan program kerja yang sudah dilaksanakan atau belum oleh exsiting. Dan juga hal-hal yang berkaitan dengan kinerja mereka selama menjabat sebagai Bawaslu kabupaten/kota.

“Dilihat juga dari tanggapan masyarakat, baik yang bagus atau yang jelek-jelek. Yang penting laporan yang masuk itu punya etika. Perlu diperhatikan juga laporan yang kita terima nanti harus jelas, dilengkapi dengan identitas serta data yang kuat. Kalau pelapor tentu akan kita lindungi serta identitas dirahasiakan,” jelas Mada mengimbuhkan, tanggapan positif juga menjadi perhatian Timsel. Apabila ada laporan positif dari masyarakat tentu akan menjadi nilai poin dari kandidat calon Bawaslu tersebut lulus seleksi rekrutmen.

Mada menegaskan setelah tahapan rekrutmen calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota selesai, maka pihaknya akan merekomendasikan nama-nama kandidat yang dinyatakan lulus dengan penyampaian laporan akhir tim seleksi pada 6-8 Agustus 2018.

“Selanjutnya akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan, dilanjutkan dengan pleno Bawaslu RI. Sementara pengumuman calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota dijadwalkan pada 14 Agustus 2018, dan pelantikan Bawaslu Kabupaten/Kota pada 16 Agustus 2018,” jelas Mada yang tugasnya di Timsel wilayah II meliputi Palembang, Pagar Alam, Lubuklinggau, Banyuasin, Musi Banyuasin, Mura, Musi Rawas Utara (Muratara), dan Empat Lawang.

Rekrutmen calon Bawaslu Kabupaten/Kota ini berdasarkan keputusan Bawaslu Nomor 0388/K.BAWASLU/HK.01.01/VI/2018 atas kewenangan yang diberikan oleh undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara itu, Anggota Timsel I, Aniatrisna Ade, SH, MH menegaskan kembali jika peluang exsisting sama dengan pendaftar baru dan PAW, dalam perekrutan anggota Bawaslu.

“Kita cari kandidat yang jujur amanah dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. Apalagi nanti pelaksanaan tes tertulis akan diikuti oleh pendaftar baru dan PAW, dengan menggunakan  (Computer Assisted Test). Dan, existing tidak mengikuti tes tertulis tapi mengikuti evaluasi kinerja yang instrumen kerjanya telah disediakan,” jelas Aniatrisna Ade.

Sedangkan hasil evaluasi existing akan dilakukan bersamaan dengan tes CAT, yang nantinya disampaikan ke Bawaslu melalui anggota tim supervisi. (08)

Rekomendasi Berita