oleh

Peluang Besar Dapat Beasiswa

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Mumpung jadi mahasiswa, peluang terbuka untuk mendapat beasiswa. Bidik Misi dan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) misalnya.

“Mulai tahun akademik 2017/2018, 12 mahasiswa kami dapat Beasiswa Bidik Misi. Selain itu, ada juga 47 mahasiswa yang dapat beasiswa PPA. Semuanya bermodal prestasi. Jadi bagi mahasiswa yang sungguh-sungguh, insya Allah peluang dapat beasiswa pasti ada,” jelas Rektor Universitas Musi Rawas (Unmura), Prof. Ir H. Fachrurrozie, M.Sc, Ph.D didampingi Pembantu Ketua III, Hermanto, Jumat (4/1).

Bahkan target Unmura, tahun akademik 2018/2019 jadi 50-an orang yang dapat Bidik Misi. Sementara PPA juga diharapkan bisa 50 orang.

“Untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi, syaratnya tidak sulit. Cukup surat keterangan dari sekolah yang menyatakan anak ini secara akademik mampu, namun keuangan tidak mampu. Selain itu, rumah (tempat tinggal,red) tidak layak, pekerjaan orang tua tidak tetap, atau kalaupun ada gaji tetap kisaran Rp 750 ribu per minggu. Sehingga si anak ini berhak mendapatkan Beasiswa Bidik Misi,” jelas Prof. Ir H. Fachrurrozie, M.Sc, Ph.D.

Untuk penerima Bidik Misi, rekomendasi cenderung dari sekolah, melampirkan rapor, surat keterangan Lurah dan RT, foto rumah.

“Visitasi langsung dilakukan oleh Unmura, atas rekomendasi dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II. Kami mengecek langsung kondisi rumah mahasiswa calon penerima Bidik Misi ini dan keadaan orang tuanya. Sehingga dengan mendapatkan beasiswa Bidik Misi, beban mahasiswa untuk membayar semesteran dan operasional kuliah bisa terbantu dengan beasiswa tadi,” imbuh Prof. Ir H. Fachrurrozie, M.Sc, Ph.D.

Lalu bagaimana dengan penerima PPA?

“Kalau beasiswa PPA, hanya bisa diterima oleh mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,0 ke atas. Kesempatan ini biasanya terbuka untuk mahasiswa semester III dan V. Tahun akademik 2016/2017 ada 47 mahasiswa yang dapat. Namun tahun akademik 2017/2018 hanya 40 mahasiswa yang bertahan. Tujuh mahasiswa lainnya, karena nilai IPK-nya turun, maka digantikan oleh tujuh orang yang baru. Jadi untuk bertahan dapat PPA, mahasiswa harus kerja keras. Dan semua mahasiswa berpeluang mendapatkannya,” Hermanto menambahkan.

Proses pemberkasan untuk mendapatkan beasiswa PPA memang di-handel Unmura. Namun seleksinya dilakukan oleh Kopertis Wilayah II.

“Kucuran dana beasiswa PPA ini Rp 6,9 juta per semester . Diserahkan per triwulan. Langsung ke rekening mahasiswa tanpa potongan,” imbuhnya.

Jadi, jelas Hermanto, sebenarnya kuliah di daerah atau di ibukota provinsi, mau di kampus kecil atau besar tidak ada bedanya.

“Karean pemerintah melalui Kemenristekdikti memberikan peluang yang besar bagi mahasiswa berprestasi untuk sama-sama bersaing. Dengan memberikan fasilitas beasiswa,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita