oleh

Pelipatan Surat Suara Pilkada Selesai

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Kertas suara pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, Jumat (1/6) selesai dilipat di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau dengan melibatkan 50 tenaga kerja. Tetapi untuk jumlah surat suara yang sudah dilipat, dan surat suara yang rusak secara rinci belum diketahui, karena perlu direkapitulasi dan dirapat plenokan komisioner KPU Kota Lubuklinggau.

Ada temuan yang mencolok, yakni adanya surat suara penulisan di-cover depannya gambar kandidat untuk Pilkada Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, sementara cover belakangnya gambar kandidat Pilkada Kota Lubuklinggau.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri kepada wartawan koran ini di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, Jumat (2/1) di Jalan Depati Djati, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Menurut Efriadi Suhendri, selain perbedaan gambar kandidat, ditemukan juga cetakan gambar pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau berbayang, kurang cerah dan rusak.

Mengenai berapa jumlah surat suara yang rusak, Efriadi Suhendri belum bisa memastikannya, karena belum dihitung secara global dan diplenokan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau. Sebab, rapat pleno akan dilaksanakan setelah selesai pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

“Ketika pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel selesai, kita akan pleno menghitung jumlah surat suara yang baik, rusak, serta kekurangan surat suara,” kata Efriadi Suhendri.

Selanjutnya, akan dilakukan koordinasi ke percetakan untuk mencetak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), Jumat (1/6), sudah selesai melakukan pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel. Dari hasil pelipatan ini, setidaknya ditemukan 150 lembar surat suara yang dinyatakan rusak.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein menjelaskan, hari ini (Sabtu, 2/6) KPU Kabupaten Mura akan melakukan rapat pleno penghitungan jumlah surat suara, serta penyortiran menghitung secara global surat suara yang rusak. Sebab, untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel, KPU Kabupaten Mura membutuhkan 159.032 lembar surat suara.

“Setelah diketahui kekurangannya, kita akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumsel untuk dicetak sesuai kebutuhan,” kata Ach Zaein.

Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Agus Maryanto mengatakan pihaknya juga sudah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel.

Menurut Agus Maryanto, dari hasil pelipatan dan penyortiran ditemukan 502 lembar surat suara rusak, seperti tidak ada logo pemilihan, sobek, gambar kurang cerah, dan gambar pasangan calon daerah lain.

“Tapi dari jumlah 502 lembar yang rusak, kekurangan hanya 263 lembar, karena ada beberapa boks yang isinya lebih dari 2.000 lembar surat suara,”katanya.

Menyikapi kekurangan surat suara tersebut, pihak KPU Muratara sudah melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Sumsel, untuk dicetak sesuai dengan kebutuhan. (01)

Rekomendasi Berita