oleh

Pelipatan Surat Suara Libatkan 146 Tenaga Kerja

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hari ini (31/5), KPU Kota Lubuklinggau melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada Kota Lubuklinggau dan Pemilihan Gubernur-Wakil Provinsi Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2018. Untuk penyortiran dan pelipatan melibatkan 50 orang tenaga kerja.

Para tenaga penyortir dan melipat suara akan bekerja di ruangan yang sudah disiapkan KPU Kota Lubuklinggau, serta di bawah pengawasan petugas. Hal itu, disampaikan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau, Divisi Teknis Gatot Widjianto, Rabu (30/5).

Menurut Gatot, jumlah surat suara yang dilipat di KPU Kota Lubuklinggau ada 318.064 lembar. Dengan rincian 159.032 lembar surat suara untuk Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, dan 159.032 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel. Jumlah itu sudah termasuk cadangan sebesar 2,5 persen untuk setiap TPS.

KPU juga menyiapkan 2.000 lembar surat suara yang dipersiapkan untuk kemungkinan adanya pemilihan suara ulang di sejumlah TPS yang bermasalah. Namun, surat suara ini belum dilakukan pelipatan dan penyortiran, karena dipersiapkan sesuai dengan kebutuhannya.

“Kita menargetkan dalam tiga sampai empat hari, proses pelipatan surat suara selesai dilaksanakan,” kata Gatot.

Dilanjutkan Gatot, berdasarkan pengalaman di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 dan Pilpres 2014, 1 orang mampu melipat 3.000 lembar sampai 4.000 lembar surat suara. Sehingga, ditargetkan proses penyortiran dan pelipatan akan selesai dalam dua hari.

Untuk tehnis pelipatan dan penyortiran, satu hari untuk surat suara Pilkada Kota Lubuklinggau dan hari berikutnya untuk surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel. Sehingga, surat suara yang akan digunakan untuk Pilkada Kota Lubuklinggau, tidak bercampur dengan surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel.

Kalau selama proses penyortiran dan pelipatan ditemukan suara rusak, baik bercak tinta cetakan dan bekas dari alat pres mesin pemotong. Maka, surat suara yang dikategorikan rusak tersebut dikumpulkan untuk dibuatkan Berita Acara (BA). Setelah itu, menelepon pihak perusahaan untuk dicetak sesuai dengan jumlah yang mengalami kerusakan.

Terpisah, KPU Kabupaten Mura, Rabu (30/5) sudah melakukan pelipatan surat suara. Jumlah surat suara yang dilipat 159.032 lembar, dengan melibatkan 69 tenaga.

“Proses pelipatan dan penyortiran akan selesai dalam dua hari. Kalau ditemukan ada surat suara yang rusak, maka kita akan konfirmasi ke KPU Provinsi, untuk dicetak ulang,” kata Ach Zaein.

Sementara itu, KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sudah lebih awal melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara pada Selasa (29/5). Jumlah surat yang dilipat dan disortir itu sebanyak 147.172, dengan melibatkan 30 orang tenaga kerja.

“Insya Allah, dalam tiga sampai empat hari kedepan proses pelipatan selesai dilakukan,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Muratara, Bairizal. (01)

Rekomendasi Berita