oleh

Pele Puji Kualitas Mbappe, Neymar Dapat Sindiran

RIO DE JANEIRO – Pesepak bola legendaris Brasil Edson Arantes do Nascimento atau dikenal dengan nama Pele mengatakan, jika dirinya melihat adanya potensi besar yang ada di diri penyerang Paris Saint Germain, Kylian Mbappe.

Menurut pria kelahiran Tres Coracoes 78 tahun lalu itu, Kylian Mbape adalah pesepakbola muda yang punya kapasitas untuk menjadi Pele selanjutnya, memenangkan banyak trofi, tidak hanya dilevel klub, namun juga di level internasional.

“Dia (Mbappe) memenangkan Piala Dunia di usia 19 tahun dan saya melakukannya ketika waktu itu masih 17 tahun,” kata pele dalam sebuah sesi wawancara dengan media Prancis, France Football.

“Saya bergurau dengannya mengatakan bahwa ia hampir menyamai pencapaian, yang pernah saya raih (waktu muda dulu). Namun saya yakini dia akan jadi Pele yang berikutnya, saya serius,” tambah dia.

Pele sendiri pernah mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak tiga kali bersama Tim Samba Brazil pada ajang tahun 1958, 1962 dan 1970), membuatnya tercatat sebagai salah satu legenda hidup Brazil, dan mungkin yang terbaik dalam sejarah persepak bolaan negara Amerika Selatan tersebut.

Dalam wawancara tersebut, pria yang telah mencetak 1.091 gol untuk Santos itu, mengungkapkan, jika Mbappe sempat mengirimkannya sebuah pesan, saat Prancis dinobatkan sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia lalu.

“Saya akan lebih bahagia lagi, jika kamu bisa memenangkan Piala Dunia yang berikut-berikutnya,” ungkap peraih penghargaan Pesepak Bola Abad ini, versi France Footballs Golden Ball Winners itu.

Tidak Cuma bicara soal Mbappe, pemegang rekor dunia pesepak bola dengan hat-trick terbanyak (92 kali) itu juga seditkit bicara soal rekan Mbappe di PSG, Neymar Junior. Menurut Pele, eks pemain Barcelona yang kerap mewarnai rambutnya itu, sangat berbeda dengan sosok Mbappe yang positif.

“Dia (Neymar) terkenal gara-gara aksi divingnya, dan mendapat cap negatif (dari publik dunia). Kami pernah bicara (empat mata soal ini), namun saya rasa dia sudah mulai mengerti sekarang,” katanya.

Kendati demikian, Pele yang pernah dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 1958 dan Pemain Terbaik Piala Dunia 1970 itu meyakni, jika suatu saat, Neymar yang belakangan dikabarkan ngotot ingin kembali ke Barcelona itu, akan menunjukan pada dunia, bahwa dirinya punya kualitas sebagai yang terbaik di lapangan hijau.(ruf/fin/wsa)

Rekomendasi Berita