oleh

Pelayanan Disnakertrans Disorot Pemerintah Pusat

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Tertibnya administrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas membuat Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia menunjukkan Kabupaten ‘Lan Serasan Sekentenan’ ini mendapat sertifikat ISO 9001 versi 2015.

Hal ini terbukti dengan adanya audit dari Lead Auditor dan Auditor Advanced Certification, Maulana Yusuf didampingi langsung oleh Perwakilan Kementerian Tenaga Kerja, Heru, Konsultan dari PT Bumi Hijau Cemerlang, Muhammad Miftahul Huda.

Kepada Linggau Pos, Maulana Yusuf mengatakan tujuannya datang ke Musi Rawas karena Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia memiliki program sertifikasi bidang pelayanan khususnya AK1 penempatan tenaga kerja. Di mana, program tersebut untuk 2017 ini diberikan kepada 24 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Jadi kita datang ke sini untuk melakukan audit sertifikasi ISO 9001 versi 2015 yang tujuannya melihat kesesuaian antara standar ISO 9001 versi 2015 dengan dokumen maupun implementasi pelayanan Disnakertrans Musi Rawas. Kita ingin melihat peningkatan pelayanan, karena ketika dilakukan audit, maka terlihat mana yang perlu dilakukan perbaikan, mana yang perlu dilakukan peningkatan, dan mana yang tidak sesuai dengan ISO,” kata Maulana Yusuf, Kamis (2/11).

Namun, dari hasil audit tersebut, Maulana menilai pihaknya tidak menemukan hal-hal yang signifikan. Kalaupun ada, itu pastinya bersifat membangun.

“Kita lihat Disnakertrans Musi Rawas layak mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2015. Karena, saat ini Kabupaten ini masih dalam tahap membangun, sehingga diperlukan penilaian eksternal, apalagi ini menyangkut publik servis khususnya pelayanan AK1, yang dalam prosesnya data-data sangat krusial. Kalau semuanya sudah lengkap sesuai dengan standar ISO, maka tinggal seleksi lagi investor-investor yang masuk. Karena ini sifatnya berkelanjutan,”tuturnya.

Sementara itu, Kadisnakertrans Musi Rawas, H Burlian didampingi Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Jumangi bangga dengan ditunjukkan Musi Rawas sebagai penerima sertifikat ISO 9001 versi 2015, karena dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel, hanya Musi Rawas yang ditunjuk untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

“Kita tentunya bangga sekali, kedepan saya akan terus meningkatkan pelayanan, apa yang masih kurang akan kita tambahkan. Karena, kita ingin dengan diterimanya sertifikat ini, menjadi motivasi bagi kita untuk giat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja, Heru dipilihnya Musi Rawas sebagai daerah yang menerima sertifikat ISO karena sistem pelaporannya yang baik dan rutin dilakukan setiap bulan.

“Kenapa dipilih itu kebijakan dari pemerintah pusat, namun yang pastinya berdasarkan pelaporan pasar kerja. Karena ada sekitar 520 Kabupaten/Kota plus Provinsi, kita lihat setiap bulannya, mana yang daerah yang aktif mana yang tidak. Dan ini setiap tahun bertambah, kedepan mungkin bisa naik sampai 30 lokasi,” akunya.

Konsultan dari PT Bumi Hijau Cemerlang, Muhammad Miftahul Huda dalam penerapan ISO 9001 versi 2015 lima kunci atau lima sasaran, dan dua yang tidak terlalu penting, tiga yang penting.

“Pertama setiap orang yang mengurus 25 menit selesai, kedua, kalaupun ada komplain ada action artinya maksimal dua hari komplain dari masyarakat tersebut sudah selesai dengan baik, dan ketiga menuju kepuasan pelanggan sangat besar. Nah poin ini sangat penting, dalam penerapan ISO 9001 versi 2015,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita