oleh

Pelantikan PPK Dijaga Ketat Polisi

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang sudah melakukan berbagai tahapan menjelang pelaksanaan Pilkada Empat Lawang 2018. Salah satunya melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Bahkan Sabtu (4/11) di Hotel Kito, anggota PPK sudah dilantik dan diambil sumpahnya.

Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan bahwa perekrutan PPS dan PPK sudah diumumkan beberapa hari yang lalu di kantor kecamatan, dan kantor KPU. Tahapan perektutan PPK sudah selesai.

“PPK sudah selesai, pelantikan untuk lima kecamatan,” jelas Mobius saat jumpa pers di Guest House Pemkab Empat Lawang, Sabtu (4/10).

Perekrutan PPS, dijelaskan Mobius, masih berlangsung dan dalam waktu dekat akan selesai. Sama halnya PPK, anggota PPS juga akan dilantik. PPK dan PPS ini nantinya akan membantu tugas KPU Empat Lawang saat pelaksanaan Pilkada Empat Lawang 2018 mendatang.

“Jumlah Adhoc sesuai Undang-Undang (UU) No. 10 Tahun 2015 jumlahnya 5 orang setiap kecamatan. Di Empat Lawang ada 10 kecamatan. Jadi totalnya 50 anggota PPK,” jelas Mobius yang juga mantan wartawan ini.

Mengenai seleksi perekrutan PPK dan PPS yang dilakukan KPU, diakui Mobius sudah transparan. Soal-soal didatangkan langsung dari pihak provinsi dan diawasi pihak kepolisian dan Panwaslu Kabupaten Empat Lawang.

“Soal-soal kami tidak tahu, langsung dari pihak provinsi,” katanya.

Bagi para calon anggota yang ingin mengikuti tes salah satu syaratnya, tamatan SMA sederajat, berdomisili di Kabupaten Empat Lawang, sehat jasmani dan rohani. Bagi calon anggota dipersilakan datang langsung ke kantor KPU Empat Lawang di Jalan Poros Tebing Tinggi untuk mengambil berkas serta mengembalikannya nanti.

Mengenai pengamanan saat pelantikan PPK dan PPS, bahkan saat pemungutan suara nanti, pihak KPU sudah bekerja sama dengan pihak TNI/Polri.

“Pelantikan dijaga ketat pihak Polres dan TNI. Kalau pelantikan bisanya memang banyak masyarakat yang melihat langsung. Tapi pengamanan tetap,” katanya.(04)

Komentar

Rekomendasi Berita