oleh

Pelanggaran APK Masih Terjadi

EMPAT LAWANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang masih menemukan Pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK). Walaupun sudah memberikan sosialisasi dan teguran kepada peserta Pemilu.

Hal itu yang disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudianto saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (10/1).

“Sepanjang 2019 ini belum ada kalau laporan masyarakat tentang pelanggaran kampanye, tapi kalau pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) masih banyak kita temui,” jelasnya.

Kendati sudah berulang kali ditertibkan, lanjut Rudianto, pihaknya masih saja menemui pelanggaran – pelanggaran yang tidak sesuai penempatannya atau melanggar aturan yang berlaku dan tentu harus di patuhi oleh setiap partai politik .

“Waktu keliling di sekitar Tebing Tinggi masih ada saja pelanggaran APK yang penempatannya tidak sesuai dengan peraturan, dan yang paling banyak itu di fasilitas umum seperti tiang listrik dan tiang telepon, serta APK yang dipasang di kayu itu melanggar estetika atau keindahan Kabupaten Empat Lawang,” jelasnya.

Dijelaskannya, yang melanggar itu kebanyakan dari Calon Legislatif (Caleg) baik DPR – RI, DPR Provinsi maupun Caleg lokal serta DPD.

“Imbauan-imbauan dan penertiban sudah kami lakukan tapi masih ada pelanggaran. Ke depan kami akan bekerja sama dengan Pemerintah Empat Lawang dibantu Polri untuk melakukan sweeping menertibkan APK tersebut,”tegasnya.

Selain Sweeping pihaknya akan melayangkan teguran bagi partai – partai politik yang kedapatan melanggar agar bisa membina Calon – calon mereka agar bisa mengikuti aturan yang berlaku.

“Ketua DPD-nya akan kita tegur, penertibannya akan dilakukan dalam minggu-minggu ini, dan akan melakukan pengawasan secara kontinu APK yang dianggap tidak sesuai tempat. Dengan cara mengaktifkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di setiap kecamatan, dan untuk tingkat desa yaitu Panitia pengawas Lapangan (PPL), “ jelasnya.(key)

Rekomendasi Berita