oleh

Pelanggan PLN di Muara Lakitan Banyak Nunggak

Angka Tunggakan Turun Rp 800 Juta

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kerja keras pihak PLN Rayon Muara Beliti menurunkan tunggakan pelanggan membuahkan hasil. Terbukti hingga akhir Maret 2018, tunggakan pelanggan mengalami penurunan.

Semula pada Februari 2018, jumlah tunggakan mencapai Rp 4,3 miliar, telah turun pada Maret 2018 menjadi Rp 3,4 miliar. Jumlah penurunan tunggakan Rp 800 juta ini dinilai fantastis. Selama ini tunggakan pelanggan tergolong tinggi. Dari 14 kecamatan di Kabupaten Musi Rawas, terungkap pelanggan PLN di Kecamatan Muara Lakitan yang paling banyak menunggak pembayaran tagihan rekening setiap bulannya. Hingga pihak PLN melakukan tindakan tegas.

Apa yang telah dilakukan? Plt Manager PT PLN (Persero) WS2JB Area Lahat Rayon Muara Beliti, Rizal Alfian membenarkan tunggakan pelanggan turun hingga akhir Maret 2018. Kisarannya memang Rp 800 juta. Ia meneruskan menyatakan pihaknya telah membagi 2 tim yang khusus melakukan penagihan rekening yang menunggak pembayaran.

“Dua tim ini melakukan penagihan ke rumah pelanggan. Dalam satu tim itu ada 10 orang terdiri dari petugas PLN, dan dibantu oleh Pembina masyarakat atau anggota TNI,” papar Rizal, sapaannya, Senin (16/4).

Rizal menyatakan untuk tim 1 tugasnya menagih pelanggan yang menunggak pembayaran selama 2 atau 3 bulan.

“Sifatnya tim 1 ini tak melakukan pemutusan maupun membongkar meteran pelanggan. Tugas untuk lakukan pemutusan dilakukan oleh tim 2 yang mendatangi rumah pelanggan yang menunggak hingga tiga bulan, dan biasanya aliran listrik ke rumah pelanggan itu, diputus rampung,” jelas Rizal mengimbuhkan, pemutusan rampung dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengenai kecamatan yang paling tinggi jumlah tunggakan rekening listriknya, Rizal membenarkan, banyak berasal dari pelanggan PLN di Kecamatan Muara Lakitan.

“Tingginya tunggakan rekening listrik di Kecamatan Muara Lakitan disebabkan kesadaran pelanggan membayar tagihan setiap bulan, kurang. Sehingga tim memang harus melakukan penagihan langsung ke rumah warga,” imbuh Rizal.

Soal target menurunkan tunggakan pada April 2018 ini, Rizal menyatakan.

“Karena sekarang ini bulan April masih berjalan, maka kita dapat meneruskan tagihan bulan Maret sebelumnya. Kita tetap berupaya agar tunggakan pelanggan turun. Dengan turunnya tunggakan pelanggan maka menambah pendapatan PLN, dan juga Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemkab Musi Rawas jadi bertambah,” tegas dia.

Secara terpisah, Iman, warga Kabupaten Musi Rawas meminta agar pelayanan PLN semakin baik. Jarang terjadi pemadaman, hingga aktivitas warga tidak terganggu pada malam hari. Jika mendapati aliran listrik alami pemadaman. (08)

Rekomendasi Berita