oleh

Pelaku Penodong Pelajar ‘Dihadiahi’ Timah Panas

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Salah seorang pelaku penodongan terhadap pelajar yang berkunjung ke kawasan air terjun Taman Jodoh, Desa Kemang Manis Kecamatan Tebing Tinggi, Oktober 2017 akhirnya tertangkap. JS (27) ditangkap, pasca menjadi buronan selama tujuh bulan.

Pasca kejadian penodongan pelajar SMP Negeri 5 Tebing Tinggi, polisi terus melakukan pemburuan terhadap para pelaku dan akhirnya, Kamis (24/5), sekitar pukul 02.30 WIB, polisi berhasil menangkap JS di kawasan perkebunan Desa Batupanceh Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Dan ternyata, JS merupakan warga Desa Kemang Manis, yang merupakan desa lokasi air terjun Taman Jodoh, itu berada.

“Iya, salah seorang pelaku, JS, umur 27 tahun warga Desa Kemang Manis Kecamatan Tebing Tinggi. Dia ini merupakan tersangka yang selama ini kita buru, atas kasus 365 KUHP dengan korbannya, para pelajar SMP,” ungkap Kapolsek Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kompol Hardiman melalui Kanit Reskrim, Ipda Kemas Junaidi.

Dikatakannya, tersangka JS terpaksa dilumpuhkan aparat dengan tembakan di kaki kiri karena melakukan perlawanan yang mengancam keselamatan anggota Polisi yang hendak mengamankan dia.

“Kita sempat memberikan tembakan peringatan, namun tersangka tetap melakukan perlawanan. Terpaksa anggota melepaskan tembakan ke arah tersangka, setelah berhasil kita tangkap, tersangka kita bawa ke Rumah sakit, untuk diobati lukanya, baru setelah itu kita kembali bawa ke Mapolsek, untuk kita periksa,” jelas Junaidi.

Penangkapan salah seorang tersangka pencurian dengan kekerasan (Curas) ini, berkat kerjasama pihak Polsek Tebing Tinggi dengan Satuan Reserse dan Kriminal (Satresktim) Polres Empat Lawang dan masyarakat.

“Awalnya, dari hasil penyelidikan, didapat informasi bahwa salah seorang tersangka yang selama ini menjadi buruan kita, berada di pondok kebunnya kawasan Desa Batupanceh, Kecamatan Tebing Tinggi,” ceritanya.

Selanjutnya, dia bersama Kanit Pidum Satreskrim Polres Empat Lawang, Ipda Badharudin bersama Tim Elang dan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Tebing Tinggi, memastikan bahwa orang tersebut benar merupakan orang yang terlibat pada kasus Curas di air terjun Taman Jodoh, Desa Kemang Manis. Lalu, tim gabungan ini langsung bergerak untuk melakukan upaya penangkapan.

“Ketika digerebek, tersangka ada di dalam pondok tengah kebunnya yang diduga menjadi tempat persembunyiannya selama ini. Saat hendak ditangkap, tersangka melakukan perlawanan, kita beri tembakan peringatan, justru semakin mengancam keselamatan anggota, makanya terpaksa kita arahkan tembakan ke dia dengan maksud untuk melumpuhkan,” lanjutnya.

Sebelumnya, saat melakukan aksi kejahatan, JS bersama pelaku lainnya melakukan penodongan kepada sejumlah pelajar SMPN 5 Tebing Tinggi, yang sedang jalan-jalan bersama selepas pulang sekolah. Sambil merayakan ulang tahun salah seorang temannya, ke kawasan air terjun Taman Jodoh.

Selanjutnya, saat dalam perjalanan pulang, tiba-tiba datang orang tidak dikenal (OTD), langsung meminta dan merampas barang-barang berharga milik rombongan pelajar ini dan mengancam dengan senjata tajam, bahkan sempat melukai salah seorang dari rombongan pelajar tersebut.

Dalam kejadian ini, seluruh korban tidak hanya kehilangan barang-barang berharga seperti handphone dan lain-lain, karena dirampas para pelaku, sejumlah pelajar SMP tersebut juga mengalami trauma, karena sebelumnya tidak menyangka jalan-jalan bersama temannya ini, berakhir seperti ini. (10)

Rekomendasi Berita