oleh

Pelajar yang Lolos SNMPTN Cek Golongan Darah

LINGGAUPOS.CO.ID – Sejumlah pelajar SMA N 1 Tebing Tinggi yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mendatangi Puskesmas Kecamatan Tebing Tinggi guna melakukan pengecakan golongan darah.

Agisti, salah seorang siswi yang lulus SNMPTN 2021 mengatakan pengecekan golongan darah dilakukan sebagai syarat untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bersangkutan.

“Ya, kami cek golongan darah untuk melengkapi syarat-syarat administrasi yang ditentukan oleh Universitas masing-masing,” kata Agisti

Agisti menuturkan ada 84 siswa  dari sekolahnya yang lulus SNMPTN dari berbagai Universitas Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Ia juga menambahkan bahwa untuk bisa lulus SNMPTN bukanlah hal yang mudah. Pasalnya Universitas yang dituju sangat mengutamakan siswa yang memiliki nilai besar. “Nilainya harus bagus. Kalau tidak bagus maka tak bisa ikut SNMPT,” ujarnya.

Dikatakan oleh Agisti, sebagian siswa yang lulus SNMPTN ada yang mendapatkan beasiswa dari Universitas tempat siswa tersebut lulus, namun ada juga yang tidak dapat beasiswa dikarenakan kondisi ekonomi yang mencukupi.

“Yang lulus SNMPTN ini ada yang dapat beasiswa. Namun ada juga yang tidak. Seperti misalnya anak dari PNS dan anak-anak yang berasal dari keluarga mampu maka tak bisa dapat beasiswa,” jelas Agisti.

Seperti diketahui setelah lulus SNMPTN maka ada beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya ialah melakukan verifikasi data pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan, memeriksa persyaratan PTN tujuan, melakukan verifikasi untuk pemegang pendaftar beasiswa KIP-Kuliah

Kemudian, melakukan pendaftaran ulang SNMPTN 2021, mencaritahu kurikulum di Jurusan tujuan, mencari tahu peluang karir, mencari peluang beasiswa bagi yang tidak mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah, dan mencari tempat kost di dekat PTN tujuan.  (*)

Rekomendasi Berita