oleh

Pelajar SMPN 1 Ikuti Simulasi UNBK

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – 364 Siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 1 Lubuklinggau mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kegiatan itu berlangsung di SMK Negeri 1 Lubuklinggau, Senin (20/11).

Setiap siswa belajar log in hingga mengerjakan soal-soal yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Kepala SMP Negeri 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar didampingi Waka Kurikulum, Agus Wahyudin mengatakan, simulasi menggunakan empat ruangan. Berkapasitas 40-41 siswa. Sehingga, untuk UNBK siswa-siswi SMP Negeri 1 akan dilakukan tiga sesi per hari.

“SMK Negeri 1 menyediakan 100 komputer dan tiga server. Sedangkan kami (SMP Negeri 1, red) menyiapkan 29 komputer dan satu server cadangan. Sehingga ada 129 komputer yang akan digunakan untuk UNBK, yang rencananya dilakukan Mei 2018 mendatang,” jelas Yani.

Sedangkan untuk teknisi dan proktornya, Yani mengutus lima staf dan seorang teknisi. Mereka dibantu proktor dan teknisi dari SMK Negeri 1 Lubuklinggau.

“Terima kasih banyak kepada kepala beserta keluarga besar SMK Negeri 1 Lubuklinggau yang telah menerima siswa-siswi kita untuk ikut melaksanakan UNBK di sekolah ini. Serta membantu SMP Negeri 1 dalam pelaksanaan UNBK perdana ini. Karena tanpa kerjasama yang baik antara SMK Negeri 1 dan SMP Negeri 1, kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Yani mengatakan, UNBK ini untuk membantu meningkatkan kualitas siswa. Juga meningkatkan nilai integritas siswa dan sekolah yang tinggi. Mengingat pelaksanaan UNBK memiliki waktu yang terbatas dan soal-soal yang dikerjakan anak pun bersifat acak dan berbeda setiap anaknya.

“Jangan remehkan simulasi UNBK ini, kerjakan soal dengan sebaik-baiknya, agar kalian dapat siap mental dan ilmu dalam pelaksanaan UNBK Mei 2018 mendatang. Sehingga bisa meraih hasil yang maksimal dan bisa masuk ke sekolah favorit,” ujarnya.

Pelaksanaan simulasi UNBK SMP Negeri 1 Lubuklinggau dilaksanakan selama dua hari, dimana hari pertama anak-anak mengerjakan soal bahasa Indonesia dan Matematika. Sedangkan pada hari kedua, mereka akan mengerjakan soal mata pelajaran IPA dan Bahasa Inggris.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Lubuklinggau, Puguh Purnomo mengungkapkan sangat menyambut baik dan memberikan semangat untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 melaksanakan UNBK di SMK Negeri 1 Lubuklinggau.

“Karena mereka juga adalah anak bangsa yang harus kita perhatikan juga dan SMP Negeri 1 adalah SMP satu satunya yang UNBK di SMK Negeri 1. Sebenarnya kita ingin menerima SMP lainnya, tapi tidak memungkinkan karena jumlah siswa SMP Negeri 1 yang sudah cukup banyak dan kita memiliki keterbatasan sarana dan prasarana dan waktu,”ungkapnya.

Yang jelas, lanjut Puguh, inilah salah satu cara kami SMK Negeri 1 untuk membantu dan mendukung pemerintah Kota Lubuklinggau dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita