oleh

Pedagang Musiman Ganggu Ketertiban

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI- Belasan pedagang musiman di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I tepatnya di depan eks Kompi merupakan pedagang liar. Pihak Kelurahan Air Kuti dan Kecamatan Lubuklinggau Timur I sudah berkali-kali melakukan penertiban, tapi pedagang musiman tersebut kembali lagi.

“Sering, kami bersama Kasi Trantib Kecamatan Lubuklinggau Timur I ke sana, kami pergi mereka ngulang lagi,” kata Lurah Air Kuti, Nadirsyah kepada wartawan, Rabu (12/4).

Ditambahkan Nadirsyah, pihaknya juga tidak bisa mengambil tindakan lebih tegas mengingat pedagang musiamn di sana hanya mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Mau dikerasi mereka ini nyari duit, tidak dikerasi atau didiami mereka ini telah ganggu ketenteraman dengan berjualan di trotoar yang notabene hak dari pejalan kaki,” ungkapnya.

Menurut Nadirsyah, pedagang musiman di wilayah Air Kuti cukup banyak dan sebenarnya ini peluang PAD untuk menerapkan distribusi, namun hingga saat ini tidak ada payung hukum yang mengatur itu.

“Nanti kami disebut pungli kala asal tarik distribusi, payung hukumnya tidak ada,” tambahnya.

Menurutnya, ada dua kelompok pedagang yang memang ada pengelolaannya atau dikoordinir. Seperti di komplek Kompi, yang berjualan di pondok-pondok. Dan di dalam pagar STAIS yang sudah meminta izin STAIS.(07)

Rekomendasi Berita