oleh

Pecat Oknum Prajurit Pakai Narkoba

Letkol Kav Dodi Syamsurizal
“Saya tegaskan, apabila saat dilakukan tes urine ada oknum prajurit yang terindikasi narkoba. Maka langsung dicopot dari satuan…”

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Dandim 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau, Musi Rawas Utara (MLM), Letkol Kav Dodi Syamsurizal memastikan lingkungan militer tidak ada prajurit yang terindikasi narkoba.

“Karena lingkungan militer itu harus bersih dari narkoba. Saya tegaskan, apabila saat dilakukan tes urine ada oknum prajurit yang terindikasi narkoba. Maka langsung dicopot dari satuan, tidak ada toleransi bagi pengguna narkoba,” tegasnya, Senin (5/2).

Oleh sebab itu, Letkol Kav Dodi Syamsurizal mengingatkan, prajurit jangan main-main dengan narkoba.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan tes urine kepada seluruh anggota TNI yang bertugas di Kodim 0406.

“Hanya saja, untuk waktunya belum bisa dipastikan. Yang pasti tahun ini,” kata Dodi Syamsurizal.

Letkol Kav Dodi Syamsurizal menjelaskan, apabila melakukan tes urine akan tetap melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau, karena mereka lebih mengetahui cara untuk melakukan tes urine.

“Jadi akan melibatkan BNN Lubuklinggau. Waktunya, tidak akan diinformasikan. Ini secara diam-diam. Sebab apabila diinformasikan maka otomatis nantinya akan ketahuan bagi kalau memang ada oknum yang terindikasi akan tidak mengikuti tes urine,” jelas Letkol Kav Dodi Syamsurizal.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau, AKBP Edy Nugroho mengatakan bahwa mengenai tes urine di instansi ataupun suatu lembaga, BNN sifatnya membantu. Namun apabila dimintai bantuan ataupun memfasilitasi dari instansi tersebut.

“Jadi apabila diminta untuk melakukan tes urine maka kami akan membantu. Itupun, dengan dasar alat tes urine disediakan oleh instansi baik pejabat pemerintahan, Polri maupun TNI,” kata Edy Nugroho.

Sebab jujur saja, kata Edy, alat untuk melakukan tes urine yang ada di kantor BNN Lubuklinggau terbatas.

“Kecuali, apabila dibutuhkan bantuan untuk tes urine, satu atau dua oknum yang diduga terindikasi narkoba kami siap,” jelas AKBP Edy sapaannya.

Lebih lanjut, pria berangkat melati dua ini menjelaskan, mengenai tes urine yang dilakukan TNI di Sumatera Selatan oleh pihak BNN.

“Untuk, di Lubuklinggau sendiri belum ada informasi mintai bantuan untuk melakukan tes urine. Tapi apabila diminta, kami siap membantu, dengan catatan alat tes urine disediakan,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita