oleh

Pecahkan Rekor MURI, IKSBTS Kirim Tim Tambur

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Dalam upaya memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) 1.000 tambur, Ikatan Keluarga Sungai Batang Tanjung Sani (IKSBTS) Rejang Lebong ambil bagian dalam kegiatan Festival Danau Maninjau yang akan digelar di Jakarta 6-7 Oktober ini.

“IKSBTS Rejang Lebong ikut serta memecahkan rekor MURI yaitu rekor MURI 1.000 tambur yang pesertanya berasal dari daerah Jabodetabek, Dari kawasan Danau Maninjau hingga sejumlah kota yang ada di Indonesia,” kata Henki Irawan Ketua Umum Pemuda IKSBTS Rejang Lebong, disela-sela keberangkatan tim Tambur Rejang Lebong di kawasan Pasar Tengah Curup, Rabu (3/10).

Dijelaskan Henki, dalam Festival Danau Maninjau, IKSBTS mengirim tim tambur beranggotakan sebanyak 24 orang.

“Selain dari IKSBTS, ada juga tim tambur dari Rejang Lebong yang juga berangkat ke Jakarta yakni dari Ikatan Keluarga Maninjau (IKM), tapi jumlahnya kurang tahu persis,” paparnya.

Ia memaparkan, dengan Festival Danau Maninjau ia berharap, momen tersebut menjadi perhatian semua pihak, terutama pemerintah pusat untuk menjadikan Danau Maninjau sebagai wilayah konservasi dan mengembalikan ekosistem yang ada di Danau Maninjau.

Sebab, saat ini kondisi Danau Maninjau sudah sangat memprihatinkan karena sudah terlalu banyak keramba apung sehingga merusak ekosistem danau. Dari data yang mereka terima, dalam satu harinya ampas atau limbah dari makanan ikan-ikan mencapai 40 ton.

“Kegiatan Festival Danau Maninjau dan pemecahan rekor MURI tambur kita harap, bisa menjadi perhatian semua pihak termasuk pemerintah pusat terkait dengan kelestarian Danau Maninjau dan bisa mengembalikan keasrianya,” harapnya.

Sementara itu, keberangkatan tim Tambur dari IKSBTS sendiri bertolak dari Rejang Lebong kemarin menuju Jakarta dengan menggunakan sejumlah kendaraan Mini Bus dengan perlengkapan yang musik Tambur yang sudah disiapkan. (sam)

Rekomendasi Berita