oleh

PDM Akan Lakukan Penyuluhan Hukum

MINGGU (3/12) ini, kita melihat program kerja yang sudah dicanangkan oleh ketua Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Lubuklinggau, Riko Saputra yang bertekad untuk memberikan pembelajaran hukum terhadap seluruh warga Muhammadiyah yang ada di Kota Lubuklinggau.

Sebab, menurut pria yang juga penasihat hukum Mapolres Lubuklinggau ini, setiap warga Muhammadiyah harus melek hukum, demi nama baik dan perkembangan organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan di Kota Lubuklinggau.

“Warga Muhammadiyah harus melek hukum, itu target yang sudah kita canangkan,” kata Riko Saputra, Sabtu (2/12).

Dikatakan Riko Saputra, ketidaktahuan atas hak dan kewajibannya jadi salah satu penyebab terjadinya pelanggaran hukum dan HAM yang merugikan. Selain harus paham tentang hak dan kewajiban hukum, warga Muhammadiyah juga harus tahu ke mana harus melangkah ketika menghadapi persoalan hukum, dan bagaimana penyelesaiannya.

“Dalam waktu dekat kita akan segera melakukan sosialisasi, agar ketika berhadapan dengan hukum warga Muhammadiyah tidak salah langkah,” jelasnya.

Kemudian, dilanjutkan Riko Saputra yang tidak kalah pentingnya adalah sosialisasi mengenai apa-apa saja yang termasuk dalam perbuatan melawan hukum yang terjadi di rumah tangga, atau yang biasa di sebut dengan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Ini yang paling penting, demi menjaga keutuhan dalam rumah tangga,” ungkapnya.

Selain itu, ditambahkan Riko Saputra, pihaknya pun akan melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau, sosialisasi mengenai ancaman hukuman untuk para pengguna dan pengedar narkoba. Untuk mencetak generasi masa depan yang bersih dari narkoba, sebab bukan tidak mungkin pengaruh narkoba telah masuk ke anak-anak usia sekolah. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita