oleh

PDIP Rakercap Pemilihan Ketua Baru

LUBUKLINGGAU – DPC PDIP Kota Lubuklinggau, Sabtu (29/6) siang, melakukan rapat kerja cabang di Hotel Hakmaz Taba, Kota Lubuklinggau.

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Susanto Ajis mengatakan bahwa rapat kerja cabang tindak lanjut dari Rakerda ke Rakernas. Karena, agenda re-organisasi PDIP yang mestinya lima tahun sekali, dipercepat berdasarkan hasil dari Rakernas yang sudah dilakukan.

“Kongres tahun ini dipercepat, yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, kongres pada 2019,” katanya.

Berdasarkan AD ART PDIP sebelum dilakukannya kongres, harus dilakukan re-organisasi mulai tingkat DPC Kabupaten/Kota, hingga tingkat Provinsi.
Pada proses re-organisasi, para Pimpinan Anak cabang (PAC) tingkat kecamatan, diberi kesempatan untuk mengusulkan tiga nama yang dikehendaki, untuk menakhodai partai besutan Megawati Soekarno Putri periode 2019-2024. Hal yang sama, berlaku untuk pengurus DPC Kabupaten/Kota, yang diperkenankan untuk mengusulkan lima nama, yang akan menakhodai partai berlambang banteng moncong putih di tingkat provinsi.

“Para PAC dan DPC hanya mengusulkan nama-nama yang dikehendaki untuk memimpin PDIP, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi. Namun, penentuan nama-nama itu ada di tangan DPP, karena mereka yang berhak untuk menentukan siapa-siapa saja yang dianggap pantas untuk memimpin kedepan,” ujarnya.

Bahkan, ia menjelaskan bukan tidak mungkin, rekomendasi yang dikeluarkan DPC dan PAC, tidak dijadikan acuan oleh DPP PDIP dalam menentukan nama ketua, Sekretaris dan Bendaharai (KSB) di tingkat Kabupaten/Kota atau Provinsi.

“Bisa saja dari nama-nama yang direkomendasikan tidak ada yang diterima DPP. Atau sebaliknya, semuanya diterima untuk mengisi posisi KSB, dan bisa juga ditunjuk satu atau dua nama saja,”jelasnya.

Namun, prestasi yang sudah diraih oleh DPC Kabupaten/Kota akan jadi pertimbangan, bagi DPP dalam menentukan pilihannya. Seperti, di Kota Lubuklinggau awalnya di Pileg 2014 menempatkan lima wakilnya di legislatif, dan pada Pemilu 2019, berhasil menempatkan lima wakilnya di legislatif.

“Prestasi yang diraih merupakan pertimbangan. Tapi, hak penuh tetap ada di DPP PDIP,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kota Lubuklinggau, Suyitno mengatakan berdasarkan hasil rapat diperluas yang sudah dilakukan DPC PDIP Kota Lubuklinggau, kembali merekomendasikan H Giri Ramanda N Kiemas untuk menakhodai PDIP di Provinsi Sumsel.

“Berdasarkan kesepakatan bersama, kami mengusungkan H Giri Ramanda N Kiemas,” katanya.

Selain itu, disampaikan Waka II DPRD Kota Lubuklinggau periode 2014-2019 tersebut, pihaknya juga meminta agar ketua umum saat ini, Megawati Soekarno Putri untuk melanjutkan masa kepemimpinannya di PDIP.

Hal yang sama dilakukan DPC PDIP Muratara. Sekretaris DPC PDIP Muratara, Yudi Nugraha menyampaikan, tujuan diadakannya Rakercab tersebut dalam rangka memberikan usulan untuk Ketua DPC oleh PAC dari 7 kecamatan, usulan untuk Ketua DPD oleh DPC serta merekomendasikan Ketua Umum PDIP periode 2019-2024.

Dalam Rakercab tersebut, dukungan mengarah kepada Devi Arianto untuk didaulat kembali menjadi Ketua DPC PDIP Muratara periode 2019-2024. Kemudian juga memberikan dukungan bagi Giri Ramanda Kiemas sebagai Ketua DPD PDIP Provinsi Sumsel, dan Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum PDIP.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Muratara, Devi Arianto menambahkan Rakercab ini juga bertujuan untuk memantapkan persiapan dalam rangka mempersiapkan diri untuk menuju agenda politik tahun 2024 mendatang.

“Sebelum menuju ke situ, kita harus membenahi struktural partai dan mempersiapkan lima mantap partai, yakni mantap ideologi, mantap organisasi, mantap kader, mantap program dan mantap sumber daya,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh jajaran PDIP Kabupaten Muratara yang telah menjadikan PDIP menjadi pemenang pada Pileg 2019, serta mengajak seluruh kader partai untuk mempertahankan kemenangan yang telah diraih tersebut.

“Alhamdulillah, PDIP menjadi pemenang pemilu di Kabupaten Muratara. Ini tentu menjadi semangat kita agar bekerja lebih keras lagi untuk senantiasa mendapatkan kepercayaan masyarakat,” ujar Devi. (aku/fji)

Rekomendasi Berita