oleh

PDIP Memenuhi Syarat Jadi Peserta Pemilu

LINGGAU POS ONLINE, BATU URIP TABA – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Lubuklinggau, Hambali Lukman mengucapkan rasa syukur verifikasi faktual PDIP dilakukan KPU berjalan lancar. Menurutnya hasilnya PDIP memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

“Alhamdulillah verifikasi faktual berjalan lancar. Hasilnya PDIP memenuhi syarat untuk ikut pemilu 2019,” katanya kepada Linggau Pos setelah dilakukan verifikasi faktual oleh Komisioner KPU Kota Lubuklinggau dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di kantor DPC PDIP Kota Lubuklinggau, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Urip Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Rabu (30/1).

Menurut anggota DPRD Kota Lubuklinggau, yang dilakukan verifikasi faktual diantaranya domisili kantor, struktur kepengurusan di masing-masing tingkatan, jumlah pengurus perempuan minimal 30 %.

“Jumlah pengurus DPC 13 orang 4 diantaranya perempuan, artinya sudah 30 %,” katanya.

PDIP di setiap tingkatan mulai dari DPC, PAC, Ranting hingga anak ranting memenuhi syarat. Berdasarkan ketentuan pengurus PAC minimal 50 % dari jumlah kecamatan yang ada.

“Kalau pengurus PAC kita (PDIP) sudah 100 %. Pengurus PAC ada di 8 kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau. Demikian juga pengurus ranting 100 %,” papar Wakil Rakyat berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Selatan II.

Untuk diketahui, jumlah pengurus di setiap PAC 11 orang, ada 8 PAC, jadi total pengurus PAC 88 orang. Jumlah ranting 72, pengurus di setiap ranting 7 orang, sehingga jumlah pengurus ranting se-Kota Lubuklinggau 504 orang. Diakuinya untuk pengurus anak ranting belum mencapai 100 %.

“Pengurus anak ranting yang belum mencapai 100 %,” akunya.

Dijelaskannya saat dilakukan verifikasi faktual semua pengurus DPC diwawancarai langsung oleh tim verifikasi faktual KPU dan Panwaslu Kota Lubuklinggau. Mereka memeriksa kartu tanda anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengurus Anak Ranting setiap pengurus.

Hambali Lukman berharap PDIP dapat memenangkan Pemilu 2019.

“Dengan lengkapnya struktur kepengursan merupakan modal awal yang baik untuk bisa memenangkan Pemilu 2019,” harapnya.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim membenarkan bahwa mereka sudah melakukan verifikasi faktual ke PDIP.

“Hasilnya memenuhi syarat untuk ikut Pemilu 2019,” akunya.

Menurutnya, dalam satu hari KPU Kota Lubuklinggau memverifikasi empat Parpol.

“Satu hari kita lakukan verifikasi empat Parpol,” ucapnya. (08)

Komentar

Rekomendasi Berita