oleh

PDAM-TBS Perlu Tambah Intake

LINGGAU POS ONLINE, WATAS LUBUK DURIAN – PDAM Tirta Bukit Sulap (TBS) Kota Lubuklinggau sudah sepatutnya menambah intake guna mengoptimalkan layanan terhadap pelanggan. Saat ini salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Lubuklinggau tersebut hanya memiliki empat intek.

Diantaranya, intake induk di komplek perkantoran PDAM-TBS Kota Lubuklinggau Jalan Garuda, Kelurahan Watas Lubuk Durian. Intake Jukung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Intake Lubuk Kupang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Dan intake Petanang di Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Empat intake tersebut untuk mendistribusikan air bersih ke 16 ribu pelanggan. Intake induk distribusi 12.800 pelanggan, intake Jukung untuk 3.400 pelanggan. Selanjutnya, intake Kupang distribusi 1.000 pelanggan.

Direktur PDAM TBS Kota Lubuklinggau, Hj Ratna Machmud didampingi Kabid Teknik, Hadi Purwanto mengatakan 80 % pelanggan aktif distribusi dari intake induk. Itu artinya jika ada gangguan di intake induk, maka 12.800 pelanggan terancam tidak mendapat distribusi air bersih.

“Idealnya satu kecamatan satu intake, kita baru punya empat. Dan akan nambah satu lagi di Batu Urip, tentu masih kurang. Program kita selanjutnya akan tambah di Bukit Sulap,” ungkap Hadi Purwanto, Selasa (7/5).

Menurut Hadi Purwanto, untuk membangun intake memerlukan biaya yang cukup besar. Tidak bisa hanya mengandalkan laba PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, dan bantuan APBD Pemkot Lubuklinggau saja. Seperti pembangunan intake Batu Urip bantuan dari Hongaria.(07)

Rekomendasi Berita