oleh

PAUD Ar Risalah Jadi Tempat Mendongeng

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – September 2017 lalu, Pimpinan Pesantren Modern Ar-Risalah, H Moh Atiq Fahmi meresmikan di Wisata Imajinasi Anak-anak Juara (Wisma) Ar-Risalah.

Wisma ini akan menjadi tempat bermain dan belajar bagi setiap anak didik PAUD Unggulan Ar-Risalah.

“Program pembelajaran yang dilakukan tetap sesuai dengan tahapan usia dan kompetensi dasar anak pada kurikulum PAUD tahun 2013. Dan setiap kelas mendapat giliran sekali dalam sepekan untuk belajar di kelas Wisma,” jelas Pengelola Wisma Ar-Risalah, Ulan.

Besar harapan, Wisma Ar-Risalah bisa mendorong terwujudnya peserta didik yang berkarakter Islami, kreatif dan mandiri.

“Yang kami lakukan untuk mewujudkan visi itu, dengan menanamkan karakter anak melalui kegiatan mendongeng dan mengoptimalkan stimulasi kecerdasan jamak melalui kegiatan pembelajaran yang aktif, efektif, dan inovatif. Kami juga berharap, dengan program ini bisa menjadikan anak berkarakter Islami sejak usia dini,” harap Ulan.

Sehingga nantinya, anak didik PAUD Unggulan Ar-Risalah menjadi generasi yang mampu berpikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya dan gerak sederhana.

“Program belajarnya ada mendongeng praktik ibadah, pengembangan seni (rupa, musik, tari dan peran) dan kreativitas,” jelasnya.

Ulan menambahkan, demi mewujudkan peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab, kita selalu membiasakan anak untuk membereskan sendiri peralatan salat, peralatan belajar, dan mengembalikan buku di tempatnya.

“Poin penting di wisma ini adalah anak-anak diberikan pendidikan karakter melalui mendongeng. Kenapa melalui mendongeng? Karena melalui dongeng, kita sebagai pendidik dapat menyampaikan pesan kebaikan tanpa anak merasa digurui,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita