oleh

Pasar Pulo Emass Terbengkalai

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Pasar Rakyat Pulo Emass yang berlokasi di Ujung Kawasan Pulau Emas masih terbengkalai. Sampai saat ini bangunan pasar permanen itu belum difungsikan. Padahal para pedagang sudah banyak yang berjualan di kawasan Pulau Emas.
Meski begitu, pedagang tak berjualan di lapak. Melainkan memilih berada di pangkal jembatan Pulau Emass. Mereka mendirikan lapak sendiri.

“Sudah lama bangunan pasar tersebut dibangun, bahkan sebelum para pedagang pindah ke Pulau Emas,” jelas Ima, salah seorang pedagang sayur di Pasar Pulau Emass.

Dijelaskannya, pedagang tidak mau berjualan di sana karena lokasinya di ujung dan cukup jauh. Selain itu di lapak juga belum tersedia listrik.

“Jangankan mau ke pasar ujung itu, lapak-lapak di Pasar Pulau Emas ini masih banyak yang kosong tidak ditempati pedagang karena lokasinya berada di belakang. Malah pedagang sudah banyak berjualan di depan, di atas jembatan,” cetusnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Empat Lawang, Rudianto menjelaskan, bangunan pasar rakyat tersebut masih banyak fasilitasnya yang kurang.

“Salah satunya belum ada lahan parkir, tapi nanti akan kami siapkan lahan parkir sehingga pembeli tidak sembarangan parkir,” katanya.

Pasar Pulo Emass, lanjut Rudi, semestinya diperuntukkan untuk pedagang basah yakni pedagang ikan, ayam dan daging.

“Untuk pasar basah, tapi fasilitas listrik dan air belum ada. Nanti akan kami tata kembali sehingga para pedagang bisa berjualan di sana. Jika sudah ditempati semua pedagang, pembeli pasti bakal didatangi pembeli,” jelasnya meyakinkan. (cw2)

Rekomendasi Berita