oleh

Parpol Pasang Target Tinggi

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – 15 Partai Politik (Parpol) akan memperebutkan 30 kursi di parlemen, sesuai dengan perolehan suara dari masing-masing Parpol.

Adapun Parpol tersebut, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai NasDem, Partai Berkarya, PKS,PKB, PBB, PPP, PAN, PSI, PDIP dan PKPI.

Maka, tidak menutup kemungkinan, akan ada Parpol yang tidak memperoleh kursi di parlemen, hal ini pernah dirasakan PAN dan PKPI di Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 lalu.

Saat itu, Partai Golkar ditetapkan sebagai pemenang Pemilu dengan perolehan suara 21.023, mereka berhasil mendapatkan enam kursi. Diikuti Partai Demokrat yang mendapatkan dukungan 13.929 suara dengan empat kursi.

Selanjutnya, Partai Gerindra dengan perolehan suara 13.089, namun partai besutan Prabowo Subianto hanya mendapatkan tiga kursi, karena persebaran suara tidak merata, mereka tidak dapat kursi di Dapil II Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Lubuklinggau Utara II.

Lalu, dengan perolehan suara 11.045 dengan perolehan tiga kursi, di bawahnya ada Partai NasDem yang mendapat 11.020 suara dengan perolehan tiga kursi. Kemudian, PDIP dengan perolehan suara 9.871, karena penyebarannya mereta maka PDIP dapat empat kursi.

Selanjutnya, PBB dengan perolehan suara 9.091, mereka berhasil merebut 2 kursi di parlemen, lalu PPP dengan suara 8.601 juga mendapatkan dua kursi di legislatif, kemudian PKS dengan jumlah suara 8.040, juga dapat dua kursi. Terakhir, Partai Hanura dengan suara 5.726, dapat alokasi satu kursi.

Mengenai Pemilu Legislatif 2019, masing-masing Parpol sudah bergerak dan memasang target tinggi.

Ketua DPC PBB Kota Lubuklinggau, Hendi Budiono menjelaskan, pihaknya menargetkan merebut enam kursi, karena telah memilih Bacaleg-Bacaleg potensial di setiap Dapil. Seluruh Bacaleg sudah diinstruksikan untuk melakukan sosialisasi yang berkesinambungan, dan mereka merupakan tokoh di daerahnya masing-masing.

“Antara Bacaleg juga sudah ada komitmen,” kata Hendi.

Ketua DPD PKS Kota Lubuklinggau, H Suhada menjelaskan hal yang sama, pihaknya juga menargetkan dapat enam kursi. Saat ini, Bacaleg yang diusung PKS sudah memiliki kapasitas dan kualitas yang mumpuni.

“Insya Allah target akan terealisasi, karena Bacaleg kita merupakan orang-orang pilihan,” jelas Suhada.

Sekretaris DPC PPP Kota Lubuklinggau, Samsurijal juga memasang target yang lebih besar dari Pemilu Legislatif 2014, kalau sebelumnya PPP hanya dapat dua kursi, ditargetkan dapat empat kursi, dengan rincian satu kursi di setiap Dapil.

“Setiap Dapil kita ada Bacaleg yang diunggulkan, dan itu lebih dari satu orang. Insya Allah target ini akan tercapai,” jelasnya.

Apalagi, saat ini Bacaleg yang diusung PPP sudah bergerak dengan metode mereka masing-masing untuk merebut hati masyarakat. (01)

Rekomendasi Berita