oleh

Parpol Kekurangan Pengurus

“Setelah kita teliti, ternyata masih ada Parpol yang belum memenuhi syarat minimun keangotaan, yakni pengurusnya tidak sampai 408 orang,” kata Divisi Hukum KPU Kabupaten Musi Rawas, M Hidayat.

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, sudah melakukan penelitian administrasi keanggotaan Partai Politik (Parpol). Maka, Jumat (17/11) sekira pukul 09.00 WIB, hasil penelitian tersebut akan disampaikan ke Parpol, di situ masih ada Parpol yang belum memenuhi syarat keanggotaan minimum, yakni 408 orang.

Divisi Hukum KPU Kabupaten Musi Rawas, M Hidayat mengatakan kalau pihaknya telah melakukan penelitian administrasi keanggotaan Parpol dari 17 Oktober sampai 15 November.

“Setelah kita teliti, ternyata masih ada Parpol yang belum memenuhi syarat minimum keanggotaan, yakni pengurusnya tidak sampai 408 orang,”kata M Hidayat.

Jadi, dilanjutkan Hidayat, khusus untuk Parpol yang belum memenuhi syarat minimal itu, diwajibkan untuk melakukan perbaikan, yang akan dilakukan sesuai dengan tahapannya mulai 18 November-1 Desember.

“Parpol wajib untuk memenuhi syarat minimum keanggotaan, dengan memperbaiki dokumen keanggotaan Parpol mereka. Dan kami, selaku penyelenggara siap untuk mendampingi Parpol dalam rangka memenuhi syarat yang sudah ditetapkan ini, sesuai dengan moto kami, siap melayani,” jelasnya.

Parpol yang sudah mendaftar ke KPU Kabupaten Musi Rawas, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Perindo. Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim melalui Kasubag Hukum KPU Lubuklinggau, Misran Ayudi mengatakan kalau ada Parpol yang jumlah keanggotaannya belum memenuhi syarat, atau di bawah 217 orang.

Menurut Yudi, hal itu akan disampaikan ke Parpol yang bersangkutan agar memenuhi syarat minimum keangotaan mereka masing-masing. Bahkan, dilanjutkan Yudi, ada 2 Parpol yang tidak dapat Berita Acara (BA) penelitian administrasi keanggotaan. Tapi, Yudi enggan menyebutkan Parpol apa saja yang tidak dapat BA tersebut, karena memang belum disampaikan ke Parpol.

“Tidak etis kalau kita sudah sampaikan ke meia, tapi Parpol belum terima. Jadi, tunggu saja besok (hari ini, red) pukul 14.00 WIB, berkas tersebut akan kita buka semuanya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Parpol yang sudah mendaftar ke KPU Kota Lubuklinggau, yakni Perindo, Partai Golkar, Partai NasDem, PAN, PPP, PKPI, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Berkarya, PKB, PDIP, PKS, Partai Garuda,Partai Hanura PBB dan Partai Republik. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita