oleh

Parpol Dapat Salinan DPTHP-2

LUBUKLINGGAU – KPU Kota Lubuklinggau memberikan kesempatan kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 untuk mengecek Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap dua (DPTHP-2). Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto, Rabu (19/12).

Menurut Gatot, langkah ini diambil untuk merespons keluhan Parpol yang merasa sulit mengecek data pemilih secara detail. Bahkan, hal ini sudah dilakukan sejak penetapan DPT, DPTHP-1 hingga DPTHP-2.

“DPT bukan sesuatu yang rahasia, karena milik publik. Bahkan, setiap tahapan selalu kita bagikan ke Parpol by name bay adress dari DPT yang sudah ditetapkan,” kata Gatot.

Apalagi, ketika sudah ditetapkan DPT langsung diumumkan ke masyarakat, mulai tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui TPS tempatnya memilih, serta mengetahui sudah terdaftar atau belum di DPT.

“Sejak awal DPT selalu diumumkan, bahkan pada 1 sampai 28 kita telah melakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Tujuannya, agar seluruh masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang,” jelasnya.

Maka dari itu, pembagian hasil pleno DPTHP-2 tingkat Kota Lubuklinggau ke Parpol, bukan sesuatu yang istimewa. Karena, daftar pemilih bukan rahasia yang tidak boleh diketahui khalayak umum.

Sementara itu, Sekretaris DPC PPP Kota Lubuklinggau, Samsurijal mengatakan kalau pihaknya sudah mengambil salinan hasil pleno penetapan DPTHP-2.

“Tadi, kita sudah mengambil hasil DPTHP-2 yang sudah ditetapkan KPU,” katanya.

Diketahui, Parpol yang sudah mengambil DPTHP-2 yang sudah dibagikan KPU Kota Lubuklinggau adalah, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Berkarya, Garuda, PKB, PDIP, PBB, PPP, PAN, Perindo dan PKPI, sementara PKS dan PSI belum mengambil salinan DPTHP-2 yang sudah ditetapkan KPU Kota Lubuklinggau. (aku)

* Parpol Bisa Kroscek DPT

Rekomendasi Berita