oleh

Parpol Baru Terancam Tidak Ikut Pileg

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Pasca putusan Bawaslu RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau membuka pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019. Dan dibukanya pendaftaran bagi itu berdasarkan putusan dari Bawaslu RI. Lalu ditindaklanjuti KPU RI melalui SK 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Badan Pengawas Pemilu RI. Namun, dari 9 Parpol yang diberi ruang untuk mendaftar tersebut, khusus di Kota Lubuklinggau hanya PBB, PKPI, Idaman, Republik dan PIKA yang mendaftar.

Divisi Hukum KPU Lubuklinggau, Lukman Hakim didampingi Kasubag Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Misran Ayudi kalau pihaknya sudah melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan Parpol yang sudah mendaftar tersebut.

“Kita sudah melakukan verifikasi, dan Kamis (30/11) berkas mereka akan dikembalikan,” kata Misran Ayudi, Selasa (28/11).

Menurut Yudi, berdasarkan verifikasi pihaknya di lapangan banyak dari kepengurusan Parpol di tahap kedua dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Iya banyak yang TMS, dan itu harus di perbaiki oleh pengurus Parpol yang bersangkutan, yakni mulai 2-15 Desember. Tapi, kalau sampai waktu yang ditentukan berkasnya tepat TMS, maka akan kita nyatakan TMS,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita